Mantan Juara Dunia F1 Operasi Transplantasi Paru-paru

Kompas.com - 24/10/2018, 22:49 WIB
Juara dunia F1 1975, 1977 dan 1984, Niki Lauda di masa tua Juara dunia F1 1975, 1977 dan 1984, Niki Lauda di masa tua

VIENNA, Kompas.com - Juara dunia GP F1 tiga kali, Niki Lauda diijinkan meninggalkan rumah sakit, Rabu (24/10/2018) setelah pulih dari operasi transplantasi paru-paru.

Pihak rumah sakit menyebut juara dunia 1975, 1977 dan 1984 ini menjalani perawatan hampir tiga bulan dan keluar rumah sakit dalam kondisi sehat secara menyeluruh.

"Niki lauda akan menjalani proses pemulihan dalam pengawasan yang ketat dalam beberapa pekan mendatang," demikian pernyataan tertulis rumah sakit.  Ia akan menjalani proses pemulihan bersama tim dokter yang selama ini merawatnya.

Sudah berusia 69 tahun, Lauda pertamakali menjadi juara dunia GP F1 pada 1975. Setahun kemudian ia hampir  tewas setelah mengalami kecelakaan tragis saat mengikuti GP Jerman di Nuerburgring yang membuatnya mengalami cedera terbakar secara parah.

Saat mengalami kecelakaan ini, Lauda sempat bertahan selama satu menit dalam kobaran api, sebelum ditarik keluar.

Lauda menjalani operasi di Vienna, Juli lalu setelah diketahui mengalami kondisi infeksi paru-paru.  Ia kemudian menjalani operasi translantasi paru-paru.

Pebalap asal Austria ini merupakan salah satu petinggi pada operasi F1 Mercedes. Karena itulah, sebelum masuk rumah sakit, wajah Lauda sangat dikenal di seputar paddock sirkuit GP F1 seluruh dunia.

Usai karirnya sebagai pebalap, Lauda menjalani bisnis maskapai penerbangan sebelum bangkrut.  Januari lalu, ia membali kembali maskapai penerbangan Niki miliknya dan memberi nama baru LaudaMotion. Sayangnya dua bulan kemudian ia melepas sebagai besar saham miliknya ke perusahaan penerbangan Irlandia, Ryanair.

Lauda pernah juga menjalani operasi pencangkokan ginjal pada 1997 dan 2005.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X