Ban Bersamalah, Cal Crutchlow Pasrah - Kompas.com

Ban Bersamalah, Cal Crutchlow Pasrah

Kompas.com - 11/10/2018, 15:18 WIB
Cal Crutchlow saat menjajal aspal baru Sirkuit Silverstone.CRASH.net Cal Crutchlow saat menjajal aspal baru Sirkuit Silverstone.

KOMPAS.com - Buruknya performa ban membuat pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, harus pasrah finis di urutan ketujuh pada bakapan MotoGP Thailand, Minggu (7/10/2018).

Cruthlow sempat berada di urutan keempat pada paruh pertama balapan seri ke-15 MotoGP 2018 yang digelar di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand, itu.

Namun, pebalap 32 tahun itu harus rela mengakhiri balapan di posisi ketujuh karena disulitkan masalah ketahanan ban.

Cructhlow kesulitan bersaing untuk memperbaiki posisi karena masalah ban yang kembali menyulitkannya di MotoGP Thailand.

Menurut Crutchlow, kondisi bannya memburuk meskipun dia sudah mencoba menghematnya dengan menjaga jarak dari pebalap-pebalap di grup terdepan.

"Tidak terlalu buruk sebelum ban saya benar-benar rusak pada lap ke-15 dan saya tidak bisa bersaing," ujar Crutchlow seperti dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Pada 15 lap pertama saya merasa seperti tertahan di grup tersebut. Posisi saya sedikit maju-mundur tetapi saya melakukannya dengan sengaja.

Baca juga: Valentino Rossi Anggap MotoGP Thailand seperti Balapan Sepeda

"Saya merasa tekanan ban depan sangat keras sehingga saya memilih untuk berada di belakang Valentino Rossi. (Tetapi) karena mencoba untuk menghemat ban, saya justru menghancurkannya," kata Crutchlow.

Kerusakan ban paling parah dialami Crutchlow pada bagian tengah sehingga dia mengubah gaya balapannya.

Seiring dengan semakin ausnya bagian tengah ban, Crutchlow memilih lebih banyak menarik gas saat sedang memiringkan motornya.

Crutchlow pun pasrah dengan hasil balapan karena dia hanya berpikir untuk bisa finis ketimbang mengambil resiko terjatuh.

"Saya terlalu memaksakan ban depan dan beberapa kali hampir tergelincir sehingga berpikir, 'Oke baiklah yang penting selesaikan balapan'," kata Crutchlow menegaskan.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2018, Marquez Butuh Satu Kemenangan untuk Juara Dunia

Selain faktor ban, Crutchlow juga pasarah karena mengingat hasil pada balapan sebelumnya di MotoGP Aragon 2018.

Crutchlow yang memulai balapan dari urutan keempat justru gagal finis dan tidak mendapat satu pun poin dari Aragon.

Untuk sementara, Crutchlow menduduki peringkat keenam klasemen juara dunia MotoGP 2018 dengan mengumpulkan 128 poin. (Any Hidayati)



Close Ads X