Youth Olympic Games, Indonesia Raih Medali Pertama lewat Angkat Besi - Kompas.com

Youth Olympic Games, Indonesia Raih Medali Pertama lewat Angkat Besi

Kompas.com - 10/10/2018, 07:14 WIB
Atlet muda angkat besi putri Indonesia, Vinatasari Nur, saat mengikuti proses penyerahan medali pada ajang Olimpic Youth Games 2018 di Buenos Aires, Argentina, Selasa (9/10/2018). Dok. KBRI BUENOS AIRES Atlet muda angkat besi putri Indonesia, Vinatasari Nur, saat mengikuti proses penyerahan medali pada ajang Olimpic Youth Games 2018 di Buenos Aires, Argentina, Selasa (9/10/2018).

KOMPAS.com - Atlet muda angkat besi putri Indonesia, Vinatasari Nur (17 tahun), berhasil mempersembahkan medali pertama bagi Merah Putih pada gelaran Youth Olympic Games 2018 yang berlangsung di Buenos Aires, Argentina.

Putri asal lampung ini berhasil membawa pulang medali perunggu dalam perlombaan yang digelar di Youth Olympic Park, Buenos Aires pada Selasa (9/10/2018).

Terkait hasil tersebut, Vina mengaku bangga, tetapi tidak ingin cepat berpuas diri.

"Saya ingin mengajak teman-teman yang lain untuk optimistis dan terus berlatih dalam mencapai mimpi," demikian disampaikan Vinatasari seusai memenangi perlombaan, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com dari KBRI Buenos Aires.

Baca juga: 18 Atlet Indonesia Siap Berlaga pada Youth Olympic Games di Argentina

Vinatasari berada pada peringkat ketiga dengan akumulasi beban yang diangkat seberat 162 dalam dua babak. Posisi pertama diraih oleh atlet muda Romania, Baltag Sabina, dan posisi kedua diraih Junkar Acero dari Kolombia.

Prestasi dan hasil positif ini diharapkan juga mampu diikuti oleh rekan-rekan atlet muda di cabang olahraga lain yang dipertandingkan dalam Youth Olympic Games 2018.

Sementara itu, mengenai hasil yang diraih oleh Vina, Chef de Mission Indonesia, Dito Ariotedjo, pun mengaku bangga.

"Sangat bangga dan senang dengan prestasi yang diraih dan berharap medali perdana ini memacu semangat atlet lainnya dalam multievent ini," ujar Dito Ariotedjo.

Atlet muda angkat besi putri Indonesia, Vinatasari Nur, saat diwawancarai pada ajang Youth Olympic Games 2018 yang berlangsung di Buenos Aires, Argentina, Selasa (9/10/2018). Dok. KBRI Buenos Aires Atlet muda angkat besi putri Indonesia, Vinatasari Nur, saat diwawancarai pada ajang Youth Olympic Games 2018 yang berlangsung di Buenos Aires, Argentina, Selasa (9/10/2018).

Hasil positif kontingen atlet muda Indonesia

Selain angkat besi, badminton, renang, dan voli pantai juga mendapatkan hasil positif. Badminton putra yang diwakili oleh Rumbay Ikhsan Leonardo Imanuel berhasil mengalahkan wakil Belanda, Koppen Dennis, dalam dua gim langsung 21-11 dan 21-12.

Dengan hasil tersebut, Ikhsan kini akan menuju babak perempat final yang akan dilangsungkan pada Rabu (10/10/2018) di Tecnopark, Buenos Aires. 

Wakil Indonesia untuk badminton tunggal putri, Maharani Sekar Batahari, walaupun berhasil mengalahkan wakil Swedia, Pillai Ashwathi dalam tiga gim, tetapi Maharani tidak dapat mengamankan posisinya sebagai juara atau wakil juara grup C untuk lolos ke babak perempat final.

Baca juga: Penting, Pelatnas Khusus untuk Atlet Youth Olympic Games

Pasangan atlet muda Indonesia untuk voli pantai, Akbar Bintang dan Danang Herlambang, juga meraih hasil positif dengan mengalahkan pasangan Aruba, Mercalina Railbiently dan Howell Brian, dalam dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-16 dalam pertandingan yang berlangsung selama 30 menit di Green Park, ibu kota Buenos Aires.

Dua atlet wanita renang indonesia, Dewi Adinda Larasati, dan Permatahani Azzahra, juga menorehkan prestasi dengan berhasil memasuki babak final di kategori 200 meter womens butterfly dan berakhir di posisi delapan besar.

Selanjutnya, keduanya akan bertanding di kategori 100 meter gaya kupu-kupu dan 200 meter gaya dada.



Close Ads X