Tak Ada Bendera Korea Bersatu, Penyerahan Medali Para-renang Ditunda

Kompas.com - 08/10/2018, 22:42 WIB
Seorang Paskibra bersiap mengibarkan bendera Korea Bersatu yang dipinjam jelang penyerahan medali di salah satu nomor cabang para renang Asian Para Games di Stadion Akuatik, Senayan, Jakarta, Senin (8/10/2018) malam. Penyerahan medali akhirnya batal dilakukan. Kompas.com/Alsadad RudiSeorang Paskibra bersiap mengibarkan bendera Korea Bersatu yang dipinjam jelang penyerahan medali di salah satu nomor cabang para renang Asian Para Games di Stadion Akuatik, Senayan, Jakarta, Senin (8/10/2018) malam. Penyerahan medali akhirnya batal dilakukan.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyerahaan medali di nomor 4x100 Meter Relay Gaya Bebas Putra 34 Poin cabang para renang batal dilaksanakan di Stadion Akuatik, Senayan, Jakarta, Senin (8/10/2018) malam.

Sebab, tim Korea Bersatu berhasil naik podium di nomor tersebut, sedangkan panitia tak menyiapkan bendera tim gabungan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Tim Korea Bersatu berhasil naik podium ketiga, di belakang Jepang dan China.

Dari sekitar 20 nomor final yang dipertandingan dari Senin petang hingga malam, hanya nomor relay yang tidak diadakan penyerahan medali. Kebetulan nomor tersebut dilangsungkan paling akhir.

Sesuai peraturan, bendera negara yang berhasil naik podium harus dikibarkan di lokasi dengan diiringi lagu kebangsaan negara yang menempati podium pertama.

Pantuan Kompas.com, para Paskibra yang bertugas mengibarkan bendera sempat bingung karena tak ada bendera Korea Bersatu.

Untuk menyiasati kondisi tersebut, seorang panitia sempat menghampiri tim Korea Bersatu dan meminjam bendera mereka.

Baca juga: Dua Korea Kembali Bersatu pada Pembukaan Asian Para Games 2018

Setelah bendera dipinjam, upacara penyerahan medali sempat akan digelar. Para Paskibra yang akan mengibarkan bendera tampak sudah bersiap.

Namun, tak berselang lama, penyerahan medali urung dilaksanakan. Bendera Korea Bersatu yang sudah dipinjam pun akhirnya dikembalikan.

"Ditunda besok sampai ini (bendera) siap," ujar seorang panitia sambil membawa dan menunjukan bendera Korea Bersatu yang dipinjamnya.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X