Atlet Asian Para Games 2018 Mulai Jalani Klasifikasi

Kompas.com - 02/10/2018, 14:44 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi pelatnas bulu tangkis dan tenis meja Asian Para Games 2018 di Hartono Trade Centre, 15 September 2018. BIRO PERS SETPRESPresiden Joko Widodo mengunjungi pelatnas bulu tangkis dan tenis meja Asian Para Games 2018 di Hartono Trade Centre, 15 September 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses klasifikasi atlet Asian Para Games 2018 dimulai hari ini atau Selasa (2/10/2018) hingga 5 Oktober mendatang. Klasifikasi ini dilakukan untuk menentukan jenis disabilitas.

Proses klasifikasi merupakan persyaratan wajib yang harus diikuti setiap atlet Asian Para Games 2018.

"Seluruh proses klasifikasi akan selesai pada 5 Oktober. Inilah perbedaan antara Asian Games dan Asian Para Games. Jumlah atlet masih dapat berubah setelah klasifikasi," kata Direktur Klasifikasi Inapgoc (panitia pelaksana Asian Para Games 2018), dr. Christofer Muliadi.

Baca juga: Asian Para Games 2018 Kian Dekat, Mensos Minta Semua Atlet Tak Ragu Berikan Saran

Dalam Asian Para Games kali ini, setiap atlet akan dikelompokkan menjadi tiga. Pertama, Physical Impairment (PI) untuk atlet disabilitas daksa, kedua Visual Impairment (VI) bagi atlet disabilitas netra, dan terakhir Intellectual Impairment (II) untuk atlet disabilitas intelektual.

Setiap atlet akan mengikuti klasifikasi di venue masing-masing cabang olahraga, kecuali untuk beberapa cabor.

Khusus untuk klasifikasi Visual Impairment (VI) semua cabang olahraga akan berlangsung di Wisma Para Atlet, Kemayoran. Oleh karena itu, tidak ada proses klasifikasi di venue judo dan goal ball karena semua atletnya disabilitas netra.

"Klasifikasi dilakukan di masing-masing venue sesuai lokasi pertandingan tiap cabor, kecuali para atletik, para powerlifting, goal ball, dan judo," ujar dr. Christofer Muliadi.

Baca juga: Berita Asian Para Games 2018 - Mengintip Klasifikasi Cabang Olahraga

Namun, tidak semua atlet harus menjalani klasifikasi. Hal ini dikarenakan setiap atlet para games memiliki identitas yang terbagi tiga yaitu Confirmed (C), Review (R), dan New (N).

Confirmed (C) artinya disabilitasnya sudah ditetapkan dan tidak perlu melalui proses klasifikasi. Untuk atlet yang memiliki identitas Review (R) akan dilihat masa berlakunya untuk menentukan apakah perlu klasifikasi atau tidak.

Sementara itu, atlet yang berstatus New (N) wajib mengikuti klasifikasi.

Terkait proses ini, Inapgoc mendatangkan 91 classifier bersertifikasi internasional.

Hasil klasifikasi akan menentukan jumlah nomor pertandingan dan jumlah atlet untuk menjadi dasar dalam mengatur jadwal pertandingan Asian Para Games 2018. (Delia Mustikasari)

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X