Kompas.com - 17/09/2018, 15:02 WIB
Wakil Direktur 2 Legal, HR & Volunteer Inapgoc, Rezza D. Brammadita saat ditemui di tempat general training volunteer Asian Para Games 2018, di Universitas Nasional, Jakarta pada Senin (17/9/2018). -Wakil Direktur 2 Legal, HR & Volunteer Inapgoc, Rezza D. Brammadita saat ditemui di tempat general training volunteer Asian Para Games 2018, di Universitas Nasional, Jakarta pada Senin (17/9/2018).

KOMPAS.com - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018, Inapgoc (Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee) memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk menjadi volunteer atau relawan guna menyukseskan ajang Asian Para Games 2018 mendatang.

Tercatat, sebanyak 379 orang para penyandang disabilitas ikut serta menjadi volunteer.

"Yang dari disabilitas kemarin saya cek di angka 379 orang dari 7.500. Mereka diseleksi secara sama, tidak ada pembeda, dan mereka memang qualified semua," kata Wakil Direktur 2 Legal, HR & Volunteer Inapgoc, Rezza D Brammadita.

Tidak ada perbedaan dari tahapan seleksi untuk volunteer penyandang disabilitas. Hanya, mereka perlu mengisi kategori disabilitas untuk dapat dimasukkan ke divisi yang sesuai.

Baca juga: Song of Victory, Lagu Resmi Asian Para Games 2018

"Syaratnya sama, tetapi memang mereka ada kolom khusus yang memang mereka harus isi. Salah satu kolom khususnya, mereka harus memberi tahu kami kategori disabilitasnya mereka apa agar kami bisa menempatkan mereka di posisi yang sesuai," kata Rezza.

Inapgoc sempat mengundang berbagai komunitas penyandang disabilitas untuk mendaftar dan menyukseskan acara dengan menjadi volunteer di Asian Para Games 2018 ini.

"Kalau tidak salah di bulan Mei, kami mengundang hampir seluruh komunitas di Jabodetabek untuk datang ke acara kami. Kami sosialisasikan, 'ini ada pembukaan volunteer, teman-teman disabilitas silakan daftar, tetapi ingat harus mengikuti aturan, tidak ada yang dispesialkan di sini'. Berdampak dari situ akhirnya teman-teman sekarang banyak sekali yang mendaftar dan yang diterima pun banyak juga," kata Rezza.

Adapun peserta volunteer akan mendapatkan training atau pelatihan mulai dari 17-20 September 2018.

Baca juga: Kirab Obor Asian Para Games 2018 Singgah di Bali

Materi yang akan disampaikan terdiri dari empat materi. Pertama, mengenai cara berkomunikasi yang efektif. Kedua, mengenai kemampuan interpersonal. Ketiga, mengenai etiket. Keempat, mengenai cara berinteraksi dengan orang penyandang disabilitas.

Asian Para Games 2018 akan berlangsung selama 6-13 Oktober 2018. Asian Para Games ini merupakan edisi yang ketiga. 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X