Pengambilan Api Abadi Mrapen Awali Kirab Obor Asian Para Games 2018

Kompas.com - 05/09/2018, 17:35 WIB
Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 atau INAPGOC mengambil api untuk obor Asian Para Games 2018 di Sumber Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018). Perwakilan Keraton Solo, Kanjeng Mas Ayu Arum berkesempatan menyulutkan kayu ke sumber api di Api Abadi Mrapen.? KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTOPanitia penyelenggara Asian Para Games 2018 atau INAPGOC mengambil api untuk obor Asian Para Games 2018 di Sumber Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018). Perwakilan Keraton Solo, Kanjeng Mas Ayu Arum berkesempatan menyulutkan kayu ke sumber api di Api Abadi Mrapen.?

GROBOGAN, KOMPAS.com - Rangkaian perhelatan Asian Para Games 2018 resmi dimulai dengan pengambilan api obor di sumber api abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018).

Pengambilan api abadi dilakukan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 atau INAPGOC

Perwakilan Keraton Solo, Kanjeng Mas Ayu Arum berkesempatan menyulutkan kayu ke sumber api abadi Mrapen.

Nyala api di kayu itu lantas disalurkan ke tinderbox yang telah disediakan.

Kanjeng Mas Ayu Arum selanjutnya menyerahkan tinderbox kepada Bupati Grobogan, Sri Sumarni. 

Sri Sumarni kemudian memberikan tinderbox itu kepada Sekjen INAPGOC, Bayu Rahardian.

Api abadi Mrapen yang menyala di dalam tinderbox itu selanjutnya diboyong ke Solo oleh Bayu Rahardian dengan menumpang kendaraan roda empat diikuti rombongan INAPGOC.

Meski ada sumber api abadi di daerah lain, obyek wisata Api Abadi Mrapen dipilih sebagai lokasi pengambilan api obor Asian Para Games 2018 karena menyimpan nilai historis  tinggi.

Api abadi Mrapen menjadi langganan pengambilan api obor beberapa agenda nasional dan internasional sejak era Presiden Soekarno hingga saat ini.

Api abadi Mrapen kali pertama diambil untuk upacara pembukaan Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang atau Games of the New Emerging Forces (Ganefo) I pada 1 November 1963.

Obor PON juga mengambil api abadi Mrapen sejak perhelatan PON XVI pada 23 Agustus 1996.

"Mengapa Api diambil di Mrapen? Tentunya ini adalah kesetaraan dengan kegiatan Asian Games 2018 yang juga mengambil api di Mrapen. Api abadi Mrapen adalah contoh semangat yang tak pernah padam. Jadi mulai hari ini adalah tahap akhir persiapan. Asian Para Games 2018 sudah dimulai pawai obor," kata Sekjen INAPGOC, Bayu Rahardian.

Setelah diarak di Solo, obor Asian Para Games 2018 akan dibawa ke Ternate. Dari Ternate, obor akan dibawa ke Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan terakhir Jakarta.

Asian Para Games 2018 Jakarta akan mempertemukan 42 negara Asia anggota Asian Paralympic Committee pada 18 cabang olahraga.



Sumber kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X