Penyandang Disabilitas Bisa Nonton Asian Para Games secara Gratis

Kompas.com - 05/09/2018, 16:27 WIB
Sejumlah sahabat difabel ?saat ?kegiatan pengambilan api untuk api obor Asian Para Games 2018 di sumber Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018). KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTOSejumlah sahabat difabel ?saat ?kegiatan pengambilan api untuk api obor Asian Para Games 2018 di sumber Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018).
Penulis Arin Nabila
|

SOLO, KOMPAS.com - Penyandang disabilitas yang ingin menyaksikan secara langsung pertandingan Asian Para Games 2018 di Jakarta pada 6-13 Oktober mendatang tidak akan dikenakan biaya alias gratis bayar tiket masuk.

Hal ini merupakan terobosan terbaru dari Inapgoc selaku panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 seperti yang disampaikan Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, di sela Media Gathering Asian Paragames 2018 di Solo, Jawa Tengah, Selasa (4/9/2018).

"Kami ada kebijakan khusus untuk menggratiskan penyandang disabilitas," ujar Okto.

Okto mengakui Asian Games 2018 memberikannya banyak pelajaran dalam mengelola masalah tiket Asian Para Games nanti.

Baca juga: Cabang Olahraga yang Berpeluang Raih Emas Asian Para Games 2018

 

Ia tidak ingin permasalahan yang terjadi dalam Asian Games mengenai penjualan tiket hingga distribusinya terjadi juga di pelaksanaan kejuaraan empat tahunan khusus untuk atlet difabel itu.

"Kami juga akan membatasi pembelian tiket untuk menghindari calo. Yang jelas kami akan memamfaatkan euforia Asian Games 2018 lalu," kata pria yang juga Ketua Umum PB ISSI itu.

Nantinya, tiket Asian Para Games akan dibagi dalam empat kategori, yaitu untuk pembukaan dan penutupan, masuk kawasan Gelora Bung Karno (GBK), masuk lokasi pertandingan dan tiket untuk melihat pertandingan final semua cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Para Games ketiga ini.

Okto berharap Asian Para Games bisa sesukses Asian Games baik dari segi pelaksanaan, prestasi yang nanti akan dicapai, hingga dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia kepada para atlet.

Baca juga: Inapgoc Bicara soal Konsep Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

"Kami ingin Asian Para Games sukses prestasi, administrasi, dan legacy," kata pria yang juga seorang promotor tinju profesional itu.

Saat ini, Inapgoc sedang merampungkan persiapan venue pertandingan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan atlet.

"Untuk lokasi pertandingan menembak di Senayan, renovasi akan dilakukan pekan depan. Kami akan melakukan penyesuaian sesuai dengan masukan technical delegate," ujar Direktur Sport Inapgoc Fanny Riawan.

Asian Para Games 2018 akan diikuti sebanyak 2.888 atlet dari 42 negara. Sebanyak 568 medali emas akan diperebutkan dan ada 18 cabang olahraga dipertandingkan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X