Api di Kaldron Dipadamkan, Tanda Asian Games di Indonesia Berakhir

Kompas.com - 02/09/2018, 21:34 WIB
Defile atlet tiap negara menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Defile atlet tiap negara menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018).

KOMPAS.com - Pemadaman api Asian Games 2018 yang berada di kaldron telah dilakukan pada acara upacara penutupan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (2/9/2018) malam.

Pemadaman tersebut melambangkan bahwa perhelatan olahraga Asian Games di Jakarta-Palembang, Indonesia, telah berakhir.

Lagu "Kemesraan" yang dipopulerkan oleh penyanyi Iwan Fals dkk mengiringi pemadaman api Asian Games 2018 yang berada di atas kaldron itu.

Pada upacara penutupan, lagu tersebut dibawakan oleh Bams dan Lea Simanjutak di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, sementara kaldron berada di depan stadion utama.

Baca juga: Indonesia Resmi Serahkan Estafet Tuan Rumah Asian Games kepada China

Tak hanya diiringi oleh nyanyian, pemadaman kaldron juga didampingi dengan tari-tarian, dengan para penari berada di sekeliling kaldron menggunakan gaun merah sambil membawa lentera.

Kaldron Asian Games 2018 itu dirancang dengan konsep untuk menyalakan semangat berkompetisi secara adil, kesatria, juga menjalin persahabatan sebagai tujuan ajang Asian Games.

Kaldron api di Gelora Bung Karno (GBK).KOMPAS.com/DIAN MAHARANI Kaldron api di Gelora Bung Karno (GBK).

Bentuk kaldron yang berawal dari bumi kemudian memuncak ke langit dengan api menyala melambangkan semangat untuk mencapai tujuan.

Pola pada badan kaldron melambangkan keragaman nusantara, yakni negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Derajat kemiringan kaldron dirancang sama dengan kemiringan Stadion Utama GBK.

Baca juga: Jack Ma Perkenalkan Hangzhou, China, pada Penutupan Asian Games 2018

Asian Games berikutnya akan dilaksanakan di Hangzhou, China, pada 2022, yang merupakan ibu kota Provinsi Zhejiang di timur China.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X