Tunggu Upacara Medali, Tim Karate Jepang Bantu Rapikan Matras Latihan

Kompas.com - 28/08/2018, 19:29 WIB
Tim Karate Jepang ikut membantu panitia Asian Games 2018 membersihkan matras latihan di Venue Karate Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (27/8/2018) DOK. RICKY MUCHTARTim Karate Jepang ikut membantu panitia Asian Games 2018 membersihkan matras latihan di Venue Karate Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (27/8/2018)

KOMPAS.com - Tim karate Jepang menunjukkan pemandangan yang tidak biasa saat ikut membantu panitia Asian Games 2018 membersihkan matras latihan di venue karate Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Kejadian ini terjadi pada hari kesembilan Asian Games 2018, Senin (27/8/2018). Hal ini dilakukan tim karate Jepang saat menunggu upacara pengalungan medali Miho Miyahara yang meraih medali perunggu nomor putri - 50 kg.

Humas Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) DKI Jakarta, Ricky Muchtar, yang berada di lokasi saat itu menyebut para atlet Jepang melakukan hal itu atas inisiatif sendiri.

"Mereka inisiatif sendiri. Jadi, saat itu venue harus dibersihkan karena akan dipakai cabor judo. Saat panitia membersihkan matras, para atlet Jepang yang melihat tiba-tiba ikut membantu membersihkan," kata Ricky kepada Kompas.com, Selasa (28/8/2018).

Baca juga: Sepak Bola Asian Games 2018, Korsel dan Jepang Lolos ke Semifinal

Ricky kemudian menjelaskan bahwa atlet Jepang sudah terbiasa melakukan ini di negara asalnya.

"Saya pernah ke Jepang melihat latihan mereka. Bersih-bersih matras sudah biasa mereka lakukan setelah latihan di sana," kata Ricky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa atlet karate Jepang yang terlihat ikut membantu merapikan matras tersebut adalah Kiyou Shimizu (emas nomor kata/jurus putri), Ryo Kyuna (emas nomor kata/jurus putra), dan Someya Kayo (perunggu nomor putri 68 kg). 

Pada Asian Games 2018 ini, Jepang mendapatkan total enam medali dengan rincian empat emas dan dua perunggu dari cabang karate.

Hingga hari ke-10, Jepang masih bertengger di peringkat kedua klasemen perolehan medali dengan total raihan 141 (43 emas, 38 perak, 60 perunggu).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.