Jonatan Nilai Pamor Bulu Tangkis Kian Terangkat berkat Asian Games

Kompas.com - 28/08/2018, 19:12 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia peraih medali emas Asian Games 2018 Jonatan Christie melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih saat upacara penyerahan medali di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah/tom/18. *** Local Caption *** 

Nafielah MahmudahPebulu tangkis tunggal putra Indonesia peraih medali emas Asian Games 2018 Jonatan Christie melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih saat upacara penyerahan medali di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah/tom/18. *** Local Caption ***

KOMPAS.com - Antusiasme masyarakat terhadap Asian Games 2018, khususnya di Jakarta, terbilang tinggi. Hal itu dirasakan betul oleh pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

Bagi Jonatan yang baru saja meraih medali emas nomor tunggal putra, Asian Games 2018 jelas berbeda ketimbang ajang single event seperti Indonesia Masters atau Indonesia Open.

Ia merasa animo masyarakat terhadap cabang olahraga bulu tangkis sangat tinggi. Hal itu diakui Jonatan sebagai penyemangatnya dalam bertanding.

"Multievent memang sedikit berbeda dengan single event. Antusias penonton begitu luar biasa," ujar Jonatan pada sesi konferensi pers di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Baca juga: Jonatan Christie Bicara soal Selebrasi Buka Baju

"Ada masyarakat yang jarang menonton bulu tangkis, tetapi sekarang jadi tertarik karena Asian Games. Saya kira ini cukup menguntungkan. Mereka yang baru menonton menjadi lebih mengerti bulu tangkis itu seperti apa," tutur dia.

Berdasarkan pantauan BolaSport.com, bulu tangkis memang jadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak menyedot penonton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warga masyarakat rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan tiket pertandingan bulu tangkis.

Mayoritas tribune di Istora Senayan pun selalu penuh setiap ada pebulu tangkis Indonesia yang tampil.

Baca juga: Raih Medali Emas, Jonatan Berencana Bantu Korban Gempa Bumi Lombok

Dengan memukul-mukulkan balon tepuk yang berbentuk lonjong, para penonton tak henti-hentinya menyerukan yel-yel Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap para pebulu tangkis nasional.

"Penonton di Indonesia memang berbeda dengan di negara lain. Di sini luar biasa banget karena benar-benar berisik," ucap Jonatan.

"Terkadang, instruksi pelatih juga enggak terdengar. Namun, saya bersyukur karena jadi enggak tegang dan itu jadi motivasi serta semangat demi menampilkan yang terbaik," tutur dia.

Jonatan meraih medali emas setelah pada laga final mengalahkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen, dengan skor 21-18, 20-22, 21-15.

Bagi Jonatan, kemenangan itu menjadi yang kelima atas Chou Tien Chen dalam berbagai turnamen.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.