Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Medali Emas, Jonatan Berencana Bantu Korban Gempa Bumi Lombok

Kompas.com - 28/08/2018, 16:10 WIB
Nugyasa Laksamana,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bencana gempa bumi yang belakangan terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) turut mengundang empati dari pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

Jonatan baru saja meraih medali emas kategori perorangan Asian Games 2018 lewat kemenangan atas Chou Tien Chen (Taiwan) pada laga final yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Baca Juga: Membanggakan! Anthony Sinisuka Ginting Punya Julukan Baru dari Media Malaysia

Sesuai dengan janji pemerintah, atlet Indonesia yang meraih medali emas Asian Games 2018 akan menerima bonus sebesar Rp 1,5 miliar.

Sebagian dari uang tersebut, kata Jonatan, rencananya akan disisihkan untuk orang-orang yang mengalami musibah gempa bumi Lombok.

"Sebagian bonus akan saya tabung dan sebagian saya bagikan untuk anggota tim yang sudah suport dari sebelum Asian Games 2018 hingga sekarang," ujar Jonatan saat konferensi pers seusai laga final, di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Baca juga: Dampak dan Penanganan Gempa Lombok dalam Gambar

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyabet medali emas nomor perseorangan cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018 dalam partai final di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018). Jonatan menaklukkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyabet medali emas nomor perseorangan cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018 dalam partai final di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018). Jonatan menaklukkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen.
"Bonus juga akan saya kasih ke keluarga, serta kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti korban gempa bumi di Lombok. Saya mau membagikan berkat yang sudah Tuhan kasih ke saya untuk mereka semua," tutur dia.

Bencana gempa bumi Lombok yang terjadi belakangan ini telah meluluhlantakan banyak ramah penduduk dan merenggut nyawa ratusan orang.

Di sana terjadi beberapa kali gempa bumi dengan kekuatan magnitudo yang berbeda-beda.

Baca juga: JEO - Doa dan Solidaritas untuk Korban Gempa Lombok

Gempa bumi terbesar terjadi pada tanggal 5 Agustus 2018 malam dengan kekuatan magnitudo 7,0.

"Mungkin ini sudah jalan dari Tuhan. Ini berkat yang diberikan Tuhan kepada saya," ujar Jonatan.

Jonatan jadi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia pertama yang sukses meraih medali emas Asian Games setelah Taufik Hidayat pada 2006.

Saat itu, Taufik meraih medali emas setelah mengalahkan Lin Dan (China) pada laga final.

Baca juga: JEO - Adem Wajah Politik Jokowi-Prabowo di Depan Matras Silat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com