Aldila/Christo Berpeluang ke Final

Kompas.com - 24/08/2018, 00:17 WIB
Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa/nym/18Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat


PALEMBANG, Kompas.com - Mantan petenis nasional dan legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki berharap ganda campuran Aldila Sutjiadi/ Christopher Rungkat mampu lolos ke final Asian Games 2018.

"Mudah-mudahan dengan kemenangan ini, Bismillah Aldila/Christopher bisa menembus ke partai final," kata Yayuk di Jakabaring, Palembang, Kamis malam.

Dalam pertarungan yang baru dihelat di lapangan tenis Jakabaring Kamis malam, Aldila/Christopher memenangi pertandingan mendebarkan yang diakhiri oleh set "super tie break" dan membukukan kemenangan dengan skor 6-4, 1-6, [10-6] atas pasangan India unggulan empat Asian Games 2018, Rohan Bopanna/Ankita Raina.

Menurut Yayuk yang ketika aktif bermain mampu menembus ranking 19 WTA pada 1997 silam itu, dengan mengalahkan pasangan unggulan empat peluang mereka memenangkan pertarungan semifinal melawan pasangan non unggulan asal Jepang Erina Hayashi/Kaito Uesugi yang di perempat final menumbangkan wakil China unggulan dua Xu Yifan/Zhang Ze 7-6(4), 0-6, [10-8], lebih terbuka.

"Besok mereka akan ketemu pasangan Jepang yang mengalahkan unggulan kedua, peluang mereka lebih ada setelah melewati ini. Karena tadinya saya lebih kuatir lawan China, tapi ternyata mereka kalah, jadi mudah-mudahan aja bisa lolos final dan pecah telor  oleh satu-satunya harapan kita dari tenis ini di sini nih," kata Yayuk.

Keberhasilan Aldila/Christo sendiri ke semifinal, memastikan Indonesia merengkuh medali perunggu di nomor ganda campuran. Namun pasangan ini menegaskan akan tetap "lapar" akan gelar.

Kendati meraih tiket semifinal dan meastikan Indonesia mendapatkan kembali medali dari cabang tenis, Yayuk memiliki beberapa catatan yang diharapkannya bisa diaplikasikan oleh duet ini saat semifinal.

Menurut Yayuk, secara keseluruhan pasangan ini bermain bagus mulai dari set pertama mendesak terlebih dahulu, namun di set kedua sempat menurun performanya hingga awal set ketiga.

"Awalnya kayaknya lengah hingga lolos satu angka, namun bagusnya Christopher dia ambil momentum yang tadinya milik Bopanna hingga setelah tertinggal bisa cetak lima poin beruntun. Sempat kendor juga tapi untung tidak keterusan. Ini yang sepertinya butuh ditingkatkan yaitu fokus konsentrasinya jangan sampai hilang dan lengah," ucap Yayuk yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat tersebut.

Dengan melajunya Aldila/Christopher ke semifinal Asian Games 2018, pasti diharapkan oleh ratu tenis Indonesia dan Asia ini. Pasalnya, sudah cukup lama tenis Merah Putih tidak mendapat medali di mana yang terakhir terjadi pada Asian Games Busan 2002, melalui duet ganda putri Wynne Prakusya/Angelique Widjaja yang memperoleh perak, satu emas beregu putri dan satu perunggu beregu putra.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X