Cerita GD Sondhi dan Protes ke Indonesia Saat Asian Games 1962

Kompas.com - 23/08/2018, 12:59 WIB
GD Sondhi ocasia.orgGD Sondhi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Games menjadi ajang olahraga bergengsi di Asia yang digelar 4 tahun sekali.

Penyelenggaraan Asian Games yang pertama kali dilaksanakan pada 1951 bermula dari gagasan yang dicetuskan tokoh olahraga India, GD Sondhi

Pada 12 Februari 1949, berlangsung konferensi di Istana Maharaja Patiala New Delhi, India, yang dipimpin oleh Maharaja Patiala.

Maharaja Patiala merupakan Ketua Komite Olimpiade India.

Konferensi tersebut dihadiri oleh wakil beberapa negara di Asia seperti India, Pakistan, Filipina, Myanmar, Sri Lanka, Nepal, Afganistan, Iran, dan Indonesia.

Konferensi ini membahas gagasan yang dimunculkan GD Sondhi. Ia mewacanakan perlunya sebuah persatuan olahraga yang menghimpun negara-negara di Asia.

Negara-negara yang hadir dalam konferensi itu akhirnya sepakat mendirikan sebuah organisasi olahraga se-Asia termasuk Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru.

Pada 13 Februari 1949, tersusun anggaran dasar dan ditandatangani perwakilan negara yang hadir dalam konferensi itu. Saat itulah resmi berdiri Asian Games Federation.

Asian Games pertama diadakan di Delhi, India, pada 4-11 Maret 1951 yang diikuti 491 atlet dari 11 negara.

Negara-negara yang berpartisipasi pada Asian Games I yaitu Afghanistan, Burma, Sri Lanka, India, Indonesia, Iran, Jepang, Nepal, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Asian Games pertama ini secara resmi dibuka Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand, dengan memperebutkan 169 medali emas dan mempertandingkan enam cabang olahraga atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, balap sepeda (jalan raya dan trek), sepak bola, dan angkat besi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X