Edgar Xavier Marvelo, Peraih Medali Pertama Indonesia di Asian Games

Kompas.com - 19/08/2018, 15:37 WIB
Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, tampil di kelas Cangquan pada Asian Games 2018, Minggu (19/8/2018). TABLOID BOLA/FERNANDO RANDYAtlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, tampil di kelas Cangquan pada Asian Games 2018, Minggu (19/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, berhasil meraih medali pertama bagi Indonesia pada Asian Games 2018.

Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak pada nomor Cangquan putra yang diadakan di JiExpo, Kemayoran, Minggu (19/8/2018) . Dia meraih 7.72 poin, terpaut 0,03 poin dari atlet China, Sun Peiyuwan, yang meraih medali emas.

Marvelo lantas mempersembahkan medali perak yang diperolehnya untuk rakyat Indonesia dan khususnya bagi kedua orang tuanya.

"Medali ini tentu saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia dan juga orang tua saya," tuturnya kepada BolaSport.com.

Baca Juga: Sumbang Medali Pertama Asian Games 2018, Wushu Bikin Deja Vu

Sebelumnya, Marvelo sudah banyak menyabet gelar hingga saat ini. Di antaranya pada tingkat internasional, atlet berusia 19 tahun ini pernah meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Singapura pada 2011.

Marvelo juga pernah medali emas pada ajang ASEAN Schools Games di Filipina pada 2014 lalu.

Di tingkat nasional, atlet berusia 19 tahun itu pernah menjadi pemenang Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015.

Prestasinya berlanjut saat Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia ketika pewushu DKI Jakarta itu berhasil meraih medali emas.

Adapun pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia, Marvelo juga berhasil membawa pulang medali perunggu.

Selain itu, atlet asal Jakarta ini dikenal sebagai pelajar yang jenius, karena ia hanya membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikan pendidikan SMP dan SMA di Jubille School.

Baca Juga: Asian Games 2018 - Jadwal Tanding Kontingen Indonesia pada Hari Pertama

"Ya, saya menyelesaikan sekolah SMP dan SMA di Jubille School hanya empat tahun saja," ujarnya.

Saat ini, dirinya tak ingin memikirkan kuliahnya terlebih dahulu. Marvelo hanya ingin fokus untuk bertanding di Asian Games. Berhasil meraih perak membuatnya bermimpi untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

"Tentu saya ingin bisa tampil dan berprestasi di Tokyo," ujarnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X