Kompas.com - 14/08/2018, 15:08 WIB

SEOUL, Kompas.com - Bagi bintang sepakbola Korea Selatan, Son Heung-min, medali emas Asian Games akan memberi keistimewaan buatnya terhindar dari wajib militer selama minimum 21 bulan.

Son, 26, kini bermain untuk klub Liga Premier, Totteham Hostpur.  Ia bergabung dengan timnas Korea Selatan yang berambisi memertahankan gelar juara di cabang sepakbola Asian Games 2018 ayang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September ini.

Sebagai pencetak gol terbanyak timnas Korea dan pemain Asia yang bermain di Liga Premier, Son tak ayal lagi akan menjadi bintang pada Asian Games kali ini.

Namun bagi Son, keberhasilan meraih medali emas akan memberi keuntungan buat dirinya untuk terhindar dari wajib militer yang dikenakan sebelum usia 28 tahun. Hak istimewa ini juga dimiliki atlet yang mampu meraih medali di Olimpiade atau pun Piala Dunia.

Sementara untuk ajang setingkat Asian Games, hanya peraih medali emas yang akan mendapatrkan keistimewaan tersebut.

Pada cabang sepakbola Asian Games 2018, Korea Selatan akan bergabung bersama  negara peserta Piala Dunia 2018 lainnya seperti Iran, Saudi Arabia dan Jepang. Namun hanya Korea Selatan yang menggunakan hak untuk menggunakan 3 pemain senior dalam skuad U-23 mereka. Selain Son, Korea Selatan menggunakan penjaga gawang  Jo Hyeon-woo serta Hwang Ui-jo yang kini bermain di Liga Jepang.

Spurs memutuskan mengijinkan Son untuk memperkuat negaranya, meski bila Korea lolos sampai final pada 1 September, Son absen dalam tiga pertandingan Liga Premier.  Namun Purs tidak wajib melepas Son untuk pertandingan Piala Asia pada Januari mendatang serta pertandingan persahabatan pada November.

Ajang Asian Games tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak memiliki kewajiban untuk mengijinkan pemainnya memperkuat negara mereka.  

Son terakhir kali memperkuat timnas Korea Selatan saat mengalahkan juara bertahan Jerman di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Ia bahkan mencetak gol dalam pertadingan yang menyingkirkan Jerman tersebut.

Bila Korea Selatan gagal merebut medali emas Asian Games, Son berisiko hengkang dari White Hart Lane markas Spurs dan menjalani wajib militer, di mana ia harus tidur dalam satu barak bersama 30 prajurit lainnya.

Korea Selatan akan mengawali pertandingan Asian Games dengan menghadapi Bahrain, Rabu dan bergabung bersama Malaysia dan Kyrgyzstan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.