Ryan Santoso, Pemain Pertama Keturunan Indonesia di NFL

Kompas.com - 11/08/2018, 18:27 WIB
Ryan Santoso www.detroitlions.comRyan Santoso

KOMPAS.com - Ryan Santoso, atlet American Football, rugbi khas Amerika Serikat, telah resmi bergabung dengan Detroit Lions pada bulan April 2018 lalu.

Kabar ini menjadi sangat menggembirakan bagi publik Indonesia. Ryan Santoso menjadi atlet pertama keturunan Indonesia yang akan bermain di National Football League ( NFL), Liga American Football nomor satu di Amerika Serikat.

Ryan Santoso yang saat ini berusia 22 tahun sebenarnya memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. Namun, Ryan Santoso punya darah Indonesia dari ayahnya, Riyanto Santoso.

Sebelum bergabung dengan Detroit Lions, Ryan Santoso bermain di level universitas bersama University of Minnesota.

Baca juga: Kisah Emilio Audero Mulyadi, Kiper Juventus Asal Indonesia

Perjalanan Ryan Santoso bergabung dengan Detroit Lions bisa dibilang cukup berliku. Ryan Santoso sebenarnya tidak masuk dalam NFL Draft 2018 yang berlangsung 26-28 April lalu.

Ryan Santoso saat masih memperkuat Minnesota Golden Gophers pada pertandingan di Michigan, 28 Desember 2015.  AFP/Leon Halip Ryan Santoso saat masih memperkuat Minnesota Golden Gophers pada pertandingan di Michigan, 28 Desember 2015.
NFL Draft sendiri adalah bursa transfer dengan setiap tim bisa memilih pemain yang ingin direkrut.

Ryan kemudian ditawari langsung oleh Dteroit Lions untuk bergabung karena Ryan saat itu tidak memilik agen.

Baca juga: Pebalap Asing Mengantre demi Foto Bareng Penari Bali

Ryan yang punya posisi kicker/punter akan bersaing dengan Sam Martin yang cukup senior. Sam Martin adalah kicker utama Detroit Lions dalam lima musim terakhir.

Kompetisi NFL musim 2018 baru akan dimulai pada September mendatang. Ryan dan Detroit Lions tergabung dalam konferensi National Football Conference (NFC).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X