MotoGP Austria 2018, Rossi Khawatirkan Sirkuit Basah - Kompas.com

MotoGP Austria 2018, Rossi Khawatirkan Sirkuit Basah

Kompas.com - 11/08/2018, 15:06 WIB
Rossi saat berlaga di GP Austria 2018Motorsport.com Rossi saat berlaga di GP Austria 2018

KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengkhawatirkan balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring nanti akan berlangsung dalam keadaan hujan.

Pada dua sesi latihan bebas (FP) yang berlangsung Jumat (11/8/2018), Rossi mendapatkan hasil yang kurang baik.

Menurut Rossi, hasil tersebut tidak lepas dari masalah peranti elektronik motornya yang semakin terasa dalam kondisi lintasan basah. Rossi kemudian berharap agar saat balapan nanti, lintasan bisa benar-benar kering.

"Jika kami memiliki banyak air dalam balapan seperti lima atau enam menit terakhir FP2, balapan akan sangat sulit," kata Valentino Rossi dikutip BolaSport.com dari GPOne.

Baca juga: Ingin Podium, Valentino Rossi: Kami Membutuhkan Anugerah

"Akan terlalu berbahaya untuk balapan dalam keadaan seperti itu. Itu sebabnya kami berharap hari Minggu akan kering. Jika hujan, seharusnya hanya sedikit, kalau tidak, itu akan sangat berbahaya," ucap Rossi menambahkan.

Di FP1, Rossi hanya mampu mengakhiri sesi latihan bebas di urutan ke-11. Kemudian di FP2, posisi Rossi tidak jauh berbeda dengan menempati urutan ke-10. Jika dikalkulasikan, untuk sementara, Rossi berada di posisi ke-11.

Andai pada FP3 tidak ada perbaikan waktu putaran, pemegang sembilan gelar juara dunia itu kemungkinan harus melewati kualifikasi pertama (Q1) terlebih dulu.

Saat FP1, Valentino Rossi sempat mengalami masalah teknis ketika sesi baru berlangsung beberapa menit.

"Sprocket (gir) belakang pecah, itu disebabkan tekanan yang sangat besar di trek seperti ini dengan akselerasi seperti itu," kata Rossi.

"Saya mencoba mengembalikan motor ke garasi, tetapi saya tidak bisa menggunakannya. Saya harus mendapatkan motor lain, dengan kami mencoba beberapa solusi yang berbeda," tutur Rossi menambahkan.

Mengetahui pada FP1 motornya tidak bisa maksimal, Rossi kemudian menggunakan kesempatan di FP2 hanya untuk menyesuaikan dengan trek basah.

Baca Juga: Ingin Kalahkan Marquez, Lorenzo dan Dovizioso Desak Ducati Tingkatkan Kecepatan

"Sejujurnya, saya hanya berlatih untuk start (FP2). Sangat menarik untuk menguji Yamaha M1 di trek basah karena kami tidak memiliki kesempatan untuk waktu yang lama dan saya mendapatkan hal baik dengan motor baru dalam hal pengereman dan memasuki tikungan," kata Rossi.

"Namun, di trek basah, masalah elektronik kami lebih terasa. Sore ini (FP2) saya di belakang dua detik ( dari pebalap di atas), kami bisa melakukan yang lebih baik di trek kering, tetapi akan sulit juga," ucap Rossi menambahkan.

Balapan MotoGP Austria sendiri akan berlangsung pada Minggu (12/8/2018). (Samsul Ngarifin)


Komentar
Close Ads X