Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Resmi Dikukuhkan - Kompas.com

Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Resmi Dikukuhkan

Kompas.com - 06/08/2018, 10:21 WIB
Para atlet Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games 2018 melakukan penciuman bendera Merah Putih pada upacara pengukuhan kontingen Indonesia, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8/2018) malam.KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Para atlet Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games 2018 melakukan penciuman bendera Merah Putih pada upacara pengukuhan kontingen Indonesia, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para atlet yang tergabung dalam kontingen Indonesia diminta percaya diri demi meraih prestasi pada Asian Games 2018.

Hal itu dinyatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dalam upacara pengukuhan kontingen Indonesia, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8/2018).

Upacara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 itu dihadiri oleh sekitar 350 atlet dari berbagai cabang olahraga.

Baca juga: Lucunya Joget Poco-poco Maskot Asian Games dan Kemendikbud

"Para atlet adalah pahlawan kita. Saya ucapkan selamat kepada Tim Indonesia atas terpilihnya sebagai wakil Indonesia pada Asian Games," ujar Puan.

"Tentu itu adalah tanggung jawab besar. Saudara sekalian menunjukkan dedikasi dan prestasi sehingga terpilih jadi wakil Indonesia," tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Puan juga menuturkan bahwa persaingan akan berjalan sengit lantaran 465 medali emas bakal diperebutkan oleh 17 ribu atlet dari 45 negara.

Meski demikian, Puan optimistis dengan peluang Indonesia karena para atlet sudah melewati serangkaian persiapan dan mematangkan strategi demi mencapai target.

"Tim Indonesia harus percaya diri untuk cetak prestasi di tingkat internasional. Bertandinglah sebaik mungkin, pantang menyerah, melangkah dengan kebanggaan," ucap Puan.

Salah satu atlet Indonesia dari cabang olahraga atletik, Lalu Muhammad Zohri, hendak bersalaman dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, pada upacara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8/2018).KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Salah satu atlet Indonesia dari cabang olahraga atletik, Lalu Muhammad Zohri, hendak bersalaman dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, pada upacara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8/2018).

"Semua masyarakat mendukung bersama Tim Indonesia. Jaga sportivitas dan jaga nama baik bangsa agar Asian Games ini jadi kebanggaan Indonesia," kata Puan melanjutkan.

Saat upacara pengukuhan, kontingen Indonesia turut membacakan janji atlet yang di antaranya berisi soal kesiapan mereka untuk bertanding, serta menjunjung sportivitas demi kehormatan bangsa.

Para atlet satu per satu juga melakukan sesi penciuman bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Bagimu Negeri.

Kontingen Indonesia yang dipimpin oleh Chef de Mission (CdM), Komjen Pol Syafruddin, beranggotakan 938 atlet.

Adapun jika ditambah dengan pelatih dan ofisial, kontingen Indonesia bakal berjumlah 1.383 orang.

Asian Games 2018 sudah dimulai sejak 10 Agustus mendatang, yakni diawali dengan pertandingan cabang olahraga sepak bola.

Sementara itu, upacara pembukaan Asian Games 2018 baru dilakukan pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Pesta Asia 2018 ini akan berlangsung hingga upacara penutupan yang berlangsung pada 2 September 2018.



Close Ads X