Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lin Dan Berharap Bertemu Chong Wei Pada Olimpiade 2020

Kompas.com - 31/07/2018, 18:43 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

NANJING, Kompas.com - Legenda bulu tangkis dunia, Lin Dan berharap pemain Malaysia, Lee Chong Wei segera pulih dari sakit dan melanjutkan persaingan epik mereka hingga Olimpiade Tokyo 2020.

Lin Dan tampil di kejuaraan  dunia bulu tangkis di Nanjing, pekan ini. Sementara Lee Chong Wei harus menjalani pengobatan di Taiwan karena ada masalah pada sistem pernafasannya.

Persaingan Lin Dan dan Chong wei mewarnai persaingan tingkat dunia bulu tangkis selama 15 tahun terakhir.  Dan Lin Dan mennagku tak ingin persaingan itu berakhir secara mendadak dan tak diinginkan.

Lin Dan, 34,  masih berharap mereka berdua dapat tampil dalam pertandingan dengan klualitas tinggi dalam dua tahun mendatang.  Karena itulah ia berharap Chong Wei mengutamakan kesembuhan dan pemulihan dirinya.

"Saya berharap akan menghadapi dia lagi setelah dia pulih. Olimpiade Tokyo memang masih dua tahun mendatang. Buat pemain tua seperti kami, apa yang menarik adalah turnamen besar," kata Lin Dan. Meski pemain muda memiliki kelebihan fisik dan kebugaran, namun pengalaman juga hal yang penting. Kami para pemain tua memiliki hal itu."

Pertemuan Lin Dan dan Chong Wei dalam forum resmi telah berlangsung 40 kali. Lin Dan memenangi 28 pertandingan. Termasuk pada dua kali final Olimpiade (Beijing 2008 dan London 2012), serta final Kejuaraan Dunia 2011 di London dan Guangzhou 2013.

Lin Dan mengakui persaingan dengan Chong Wei memang berlangsung lama. "Kami tahu kekuatan dan kelemahan masing-masing sejak masa remaja kami. Saat kami masih mengejar mimpi untuk mewakili negara serta berharap menjadi juara dunia dan Olimpik," kata Lin Dan.

"Sekarang kami telah memiliki keluarga dan anak-anak.  Tetapi kami masih memiliki impian yang ingin kami kejar dan kami perjuangkan."

Lin Dan mengalahkan pemain Belanda, Mark Caljouw 21-14, 21-14 di babak pertama Kejuaraan Dunia di Nanjing, Senin (30/07/2018). Ia berharap akan mencapai hasil lebih baik daripada tahun lalu saat ia kalah dari Viktor Axelsen di final kejuaaraan dunia yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com