Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Sepak Bola Asian Games Dipercepat, Inasgoc Tidak Khawatir

Kompas.com - 27/07/2018, 10:46 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir, menyebut Indonesia sudah siap menggelar cabang olahraga sepak bola yang dijadwalkan lebih cepat dari sebelumnya.

Keputusan jadwal pertandingan terkini itu ditentukan dalam rapat yang digelar di Kantor Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Kamis (26/7/2018) malam.

Rapat tersebut digelar menyusul hasil pengundian terbaru, Rabu (25/7/2018) yang dilaksanakan di bawah koordinasi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Undian itu memasukkan timnas Palestina dan timnas Uni Emirat Arab (UEA) ke enam grup yang sudah ada. Palestina tergabung di Grup A, sementara UAE di Grup E.

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia Tak Dirugikan Drawing Ulang Asian Games 2018

Menanggapi perubahan jadwal ini, Erick Thohir menyebut segala persiapan dari tempat hingga panitia untuk cabor sepak bola sudah dalam keadaan siap.

"Hal ini tidak bermasalah karena dari segi persiapan venue, kepanitiaan, perangkat pertandingan, dan hal-hal lain yang menyangkut kedatangan tim, seperti transportasi, akomodasi, dan tempat latihan semua sudah siap." kata Erick Thohir dikutip keterangan pers yang diterima Kompas.com.

"Mari bersama kita sambut Asian Games 2018 yang dimulai lebih cepat,” ujar Erick Thohir menambahkan.

Erick juga menyatakan rasa apresiasinya atas dukungan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang sejak awal memberikan persetujuan dilakukan undian susulan terhadap Palestine dan UEA di cabang sepak bola.

“Kami akan melaporkan jadwal terbaru ini kepada OCA, dan saya yakin spirit dan energy of Asia akan menaungi perhelatan pesta olahraga ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar dilandasi semangat kebersamaan dan persatuan,” kata Erick Thohir.

Cabor sepak bola putra rencananya akan menggunakan empat stadion, yakni Patriot Bekasi, Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Cibinong) dan Si Jalak Harupat (Bandung).

Baca juga: 5 Keputusan Mengejutkan Luis Milla soal Daftar 24 Pemain Timnas Pra-Asian Games 2018

Laga pertama akan mempertemukan dua wakil Grup A antara timnas Laos melawan timnas Hongkong di Stadion Patriot, Bekasi, pada Jumat (10/8/2018).

Sementara itu, timnas Indonesia yang tergabung di Grup A akan melakoni laga pertamanya melawan timnas Taiwan pada Minggu (12/8/2018) juga di Stadion Patriot.

Adapun, cabang sepak bola putri akan memulai laga pada tanggal 16 Agustus 2018 di Palembang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com