Asian Games 2018, Pemain dan Penonton Harus Tunjukkan Sportivitas

Kompas.com - 20/07/2018, 19:27 WIB
Stadion Utama GBK Akun Facebook Pakde JokowiStadion Utama GBK

BEKASI, KOMPAS.com - Mantan Ketua Harian Inasoc Rachmat Gobel mengingatkan bahwa para pemain dan penonton pada perhelatan Asian Games 2018 tetap menjunjung tinggi sportivitas.

"Untuk para penonton, sportivitas itu adalah menjaga kebersihan arena pertandingan," kata Rachmat yang juga Presiden Komisaris Grup Panasonic Gobel di Bekasi pada Jumat (20/7/2018) saat meresmikan perluasan pabrik baterai koin lithium Panasonic Gobel Energi Indonesia (PECGI) di Kawasan Industri Gobel, menjawab pertanyaan Kompas.com .

(Baca: Panasonic Akan Bangun Pabrik Lithium ke-4 di Cibitung)

Ikhwal sportivitas itu, Rachmat yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada 2014-2015 mengatakan bahwa sportivitas pada dasarnya juga berpengaruh pada capaian kemenangan maupun kekalahan.

"Kalah atau menang, kita tetap junjung tinggi," tutur pria kelahiran Gorontalo, 3 September 1962 yang pernah menjadi Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2007 – 2011.

Pada bagian selanjutnya, Rachmat, mantan Ketua Harian Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat), menambahkan semua pihak juga mesti menjaga kota Jakarta.

Alasannya, dengan adanya Asian Games XVIII pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018, ibu kota Indonesia itu sudah indah luar biasa. "Infrastruktur lebih bagus, kompleks olahraga bagus," ucapnya.

Rachmat, mantan Ketua Harian Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), menambahkan,"Semua itu (kompleks dan sarana olahraga) adalah aset kita semua. Kita yang jaga. Ini kebanggaan kita."

Presiden Komisaris Grup Panasonic Gobel, Rachmat Gobel. Di bidang olahraga, Rachmat pernah menjabat Ketua Harian Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) 2011.Kompas.com/Josephus Primus Presiden Komisaris Grup Panasonic Gobel, Rachmat Gobel. Di bidang olahraga, Rachmat pernah menjabat Ketua Harian Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.