Bintang NBA Ikut dalam Aksi Penyelamatan Pengungsi

Kompas.com - 19/07/2018, 22:44 WIB
Marc Gasol (kacamata hitam) Marc Gasol (kacamata hitam)

MADRID, Kompas.com - Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol terlibat dalam penyelamatan pungungsi migran di lepas pantai Libya dan mengirimkan rekamannya, Kamis (19/07/2018).

Gasol yang tergabung dalam klub Memphis Grizzlies ikut dalam aksi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms yang berusaha membantu para pengungsi migran melalui laut yang tenggelam.

Dalam suatu usaha penyelamatan pada Selasa (17/07/2018) pagi, Gasol  membantu tindakan penyelamatan terhadap seorang pengunsgi wanita berusia 40 tahun asal Kamerun yang terombang-ambing  di dekat jenazah anak-anak dan wanita lainnya.

"Menyedihkan sekali karena bantuan sangat sedikit," kata Gasol melalui rekaman video yang dikirimkannya.

Sementara melalui akun twitter miliknya, Gasol mengunggah dirinya dengan mengenakan helm merah, kaos berwarba abu-abu milik LSM yang bersangkutan. Ia terlihat membawa wanita yang baru diselamatkan ke atas kapal.

"Rasanya seperti ingin marah, frustrasi dan tak berdaya.  Sulit dipercaya bila kita menyaksikan banyak orang mati sia-sia di lautan ini," tulisnya melalui twitternya.

Gasol menyebut  ia merasa tergerak  untuk membantu setelah melihat foto yang viral pada 2015 tentang anak asal Syria, Aylan Kurdi yang tewas terbaring di pantai Turki. Setahun kemudian ia bertemu pendiri Proactiva Open Arms, Oscar Camps dan memutuskan ingin bergabung apabila  ada waktu luang.

Dalam video, ia menerangkan  pihaknya mendengar percakapan radio antara sebuah kapal dagang dan penjaga pantai Libya tentang adanya kapal yang terombang-ambing di lautan.  Namun setelah menunggu selama 6-8 jam, tidak ada bantuan kepada kapal yang hampir karam tersebut.

"Pada pukul 2.00 pagi, kami menemukan posisi kapal tersebut yang hampir karam," kata Gasol.

Gasol bersama dua kapal milik Proactiva Open Arms sekarang tengah menuju kota pelabuhan Spanyol, Palma de Mallorca.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X