Kompas.com - 18/07/2018, 17:49 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Palembang yang menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018 mulai 18 Agustus termasuk kota yang rentan terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Lantaran itulah, pencegahan karhutla terus dilakukan.

Seturut siaran pers Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang diterima Kompas.com hari ini, diperoleh informasi adanya bantuan intensif pencegahan karhutla di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Pedamaran Timur, kata General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka, terletak sekitar 40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas. Di situ, salah satu bantuan yang diberikan adalah helikopter Super Puma.

Sujica menerangkan, helikopter itu berkapasitas 4.000 liter air. Air sejumlah itu dimanfaatkan sebagai bom air untuk pemadaman api karhutla.

Investasi

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp 50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018.

Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp 170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Investasi pencegahan karhutla dari APP Sinar Mas di Sumatera Selatan dialokasikan untuk:

1.  Edukasi kepada masyarakat sekitar wilayah konsesi terhadap pemahaman kebakaran hutan dan lahan

2.  Pembangunan 13 menara api baru setinggi 32 meter dengan radius pantau 10 km, jumlah total 16 menara api

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.