Kirab Obor Asian Games, Dimulai di India, Dipadukan di Prambanan

Kompas.com - 17/07/2018, 15:19 WIB
Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti (kanan) menerima obor Asian Games 2018 dari peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, MC Mary Kom (India) di India, Minggu (15/7/2018).
DOK. INASGOC Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti (kanan) menerima obor Asian Games 2018 dari peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, MC Mary Kom (India) di India, Minggu (15/7/2018).

KOMPAS.com - Kirab Obor atau torch relay sudah dimulai dengan pengambilan api abadi di India pada Minggu (15/7/2018). Pengambilan api di India itu tak lepas dari status negara tersebut yang menjadi tempat asal muasal Asian Games. 

Penyalaan obor dilakukan di Major Dhyan Chand National Stadium dengan melibatkan Presiden Asosiasi Olimpiade India Narinder Batra, Menteri Olahraga India Rajyavardhan Singh Rathore, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc Erick Thohir), dan Wei Zhijong (OCA).

Api tersebut kemudian dipadukan dengan api abadi asal Merapen, Jawa Tengah pada Rabu (18/7/2018) di Candi Prambanan. Api abadi di Merapen sendiri memang menjadi sumber penyalaan api Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia. 

Setelah itu, obor tersebut akan diarak oleh perwakilan dari daerah, sponsor, dan panitia ke-18 provinsi yang mencakup 54 kota di Indonesia.

"Negara ini selalu memiliki tempat khusus di hati para insan olahraga benua Asia. Mengapa? India, khususnya New Delhi adalah tempat kelahiran Asian Games pada 1951. Itulah alasan utama mengapa kirab obor kita mulai dari India," ucap Erick Thohir dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

Legenda bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti, didaulat untuk menjadi duta obor yang mewakili Indonesia.

Bersama dengan 30 atlet nasional yang ditunjuk sebagai pembawa obor, Susy akan membawa api semangat Asian Games mengitari beberapa lokasi di New Delhi.

Baca juga: Dua Pebalap Astra Honda Indonesia Raih Podium pada Seri Ke-3 Thailand Talent Cup

Kirab obor akan mengitari Major Dhyan Chand Nation Stadium menuju ke C-Hexagon, kemudian ke Amar Jawan Jyoti Road hingga kembali finis di stadion kebanggaan masyarakat India tersebut.

Kirab obor juga semakin semarak dengan kehadiran 500 atlet asal India yang berlari di belakang rombongan pembawa obor.

Api kemudian akan melakukan perjalanan kembali ke Indonesia untuk memulai kirab obor nasional dengan total jarak tempuh sejumlah 18.000 km.

Kirab obor akan melalui 50 kota di 18 provinsi sebelum tiba di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta untuk upacara pembukaan Asian Games ke-18 pada Sabtu, 18 Agustus mendatang.

"Kirab obor Asian Games 2018 merupakan momentum bersejarah bagi bangsa kita. Ketika seremoni penyerahan api abadi, kita akan suguhkan tari kecak api yang mengisahkan sendra tari Ramayana, sebagai simbol bahwa bangsa kita siap untuk lakukan Asian Games 2018," ucap Erick.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X