Pernyataan PB PASI soal Bendera Merah Putih Lalu Muhammad Zohri

Kompas.com - 15/07/2018, 18:05 WIB
Lalu Muhammad Zohri (tengah) Lalu Muhammad Zohri (tengah)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memberikan pernyataan terkait keberadaan bendera Merah Putih yang digunakan Lalu Muhammad Zohri saat merayakan kemenangan perlombaan lari 100 meter putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Sempat beredar di dunia maya bahwa bendera yang digunakan oleh Zohri merupakan bendera pinjaman dari wartawan Polandia. Hal itu dikarenakan warna bendera kedua negara mirip, hanya berbeda posisinya. 

Sekertaris Umum PB PASI, Tigor Tanjung, menyebutkan bahwa bendera Merah Putih yang digunakan Lalu Muhammad Zohri adalah benar-benar bendera Indonesia.

Baca juga: Klarifikasi KBRI Finlandia soal Insiden Bendera untuk Lalu Muhammad Zohri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tigor Tanjung menjelaskan bahwa bendera Merah Putih itu awalnya masih dipegang oleh salah satu ofisial tim pelatih yang berada di tribune penonton.

"Sudah menjadi prosedur standar bahwa setiap tim yang berlaga keluar negeri harus membawa bendera Merah Putih karena kami percaya dan yakin bahwa atlet-atlet kita bisa menjadi juara," kata Tigor Tanjung dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Minggu (15/7/2018).

Menurut Tigor, sesuai ketentuan yang berlaku pada pertandingan ini, hanya atlet yang berlomba dan fotografer boleh berada di dekat lintasan. Karena itulah, ofisial tim pembawa bendera berada di tribune penonton.

Baca juga: Lalu Muhammad Zohri Catat Sejarah Baru, Menpora Berikan Apresiasi dan Harapan

"Tim yang berangkat ke Finlandia sudah membawa bendera dan kebetulan bendera tersebut dipegang oleh pelatih Kikin Ruhuddin dan salah satu atlet, Halomoan Simanjuntak, yang kebetulan tidak sedang berlomba. Oleh karena itu, mereka berada di tribune penonton," katanya.

Satu-satunya anggota tim yang saat itu berada paling dekat dengan Zohri adalah pelatih Erwin Maspaitela. Erwin mendapat tugas dari pelatih kepala Eni Sumartoyo untuk merekam gerakan Zohri untuk evaluasi persiapan Asian Games 2018.

Oleh karena itu, Erwin mencoba untuk segera mengambil bendera yang berada di tribun penonton dan menyerahkan ke Zohri.

Baca juga: Lalu Muhammad Zohri, Debutan Pelari Pengganti yang Jadi Juara Dunia U-20

"Namun Erwin kalah cepat saat Zohri diajak berfoto bersama sprinter Amerika Serikat. Barulah setelah itu, bendera Merah Putih diserahkan ke Zohri dan dipakai saat diwawancara oleh Official Broadcast IIAF. Jadi tidak benar kalau itu adalah bendera dari negara lain yang dipinjamkan," ucap Tigor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.