Kompas.com - 07/07/2018, 00:01 WIB
Ratchanok Intanon Tjahjo Sasongko/Kompas.comRatchanok Intanon

JAKARTA, Kompas.com - Tunggal puteri Thailand, Ratchanok Intanon selalu mampu mengambil hati penonton Istora GBK Senayan dengan memberi salam  tradisional negaranya usai bertanding.

Setiap kali usai bertanding -meski kalah-, Ratchanok selalu mengatupkan kedua belah tangan  dan memberi salam "Sawat Dii," ke arah empat penjuru penonton Istora.

Sayang kiprah Ratchanok pada Indonesia Open 2018 harus berakhir di babak perempat final setelah ia disingkirkan  pemain Korea Selatan, Sung Ji Hyun dalam dua gim 12-21, 12-21.

Ratchanok yang pernah menjadi juara dunia pada 2013 ini kehilangan  ketajaman permainan yang mampu menyingkirkan tunggal puteri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung pada babak kedua Blibli Indonesia Open 2018, Kamis (05/07/2018). Ia gagal mengatasi bola-bola tajam Sung Ji Hyun dan menyerah dalam 32 menit.

"Saya tidak bisa tampil maksimal karena masih mengalami sakit pada punggung saya. Cedera ini membuat saya sulit untuk  bermain maksimal," kata Ratchanok usai pertandingan. "Sementara dengan tinggi badannya, Sung bisa dengan mudah menempatakan bola sesuai keinginannya."

Cedera punggung ini membuat Ratchanok tidak yakin apakah ia akan tampil pada Thailand Open yang akan berlangsung pekan depan. "Saya akan bertanya kepada pelatih dulu, apakah saya  dapat tampil di Bangkok," kata Ratchanok lagi.

Ia juga menyebut  berharap dapat tampil maksimal dalam dua event penting setelah itu, yaitu Kejauraan dunia  dan Asian Games. "Kehadiran saya dibutuhkan pada Asian Games, terutama untuk nomor beregu," kata Ratchanok. Posisi Ratchanok sebagai tunggal utama Thailand memang jauh lebih meyakinkan daripada para pemain puteri lainnya seperti    Nitchaon Jindapol atau pun Busanan Ongbamrungphan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain kesantunannya, Ratachanok pun selalu tampil serasi dengan baju olah raga model terusan yang dikenakannya. "Baju ini dipilihkan oleh produsen pakaian saya dari Yonex. Saya hanya memilih dua warna kesukaan saya, hitam dan hijau," kata Ratchanok lagi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.