Kompas.com - 04/07/2018, 14:24 WIB
Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi Tjahjo Sasongko/Kompas.comAngga Pratama/Ricky Karanda Suwardi

JAKARTA, Kompas.com - Ganda putera Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama maju ke babak kedua Indonesia Open 2018 dengan menyingkirkan ganda China, He Jiting/Tang Qiang 16-21, 21-17, 26-24, Rabu (04/07/2018).

Pertandingan antara Ricky/Angga menghadapi He/Tang berlangsung sengit hingga gim ketiga. Pada gim ketiga, kedua pasangan saling mendahului mencapai match-point, sebelum pasangan Indoensia ini mampu menang 26-24.

Pasangan He/tang merupakan ganda muda usia China yang pekan lalu mampu mengalahkan ganda utama Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di babak perempatfinal Malaysia Open. Saat itu Marcus/Kevin menyerah mudah 17-21, 11-21.

Usai pertandingan, Ricky menyebut kunci kemenangan memang pada ketenangan dan tidak mau terburu-buru. "Pada gim ketiga dan menyerah match-point, saya katakan kepada Angga, yang penting kita tenang dan usahakan bola untuk tetap kembali," kata Ricky.

Taktik ini terbukti berhasil. Sempat mencapai match-point lebih dulu 20-18, Ricky/Angga tak panik saat terkejar menjadi 20-20. Mereka juga terus menekan  lawannya dengan bola lambung dan silang yang membuat He/Tang kerap melakukan unforced errors karena pukulan mereka menyangkut di net.

Meski sempat vakum berpasangan beberapa lama, karena berganti pasangan, Ricky mengaku tak masalah saat harus bermain kembali bersama Angga. "Kami kan sudah lama berpasangan, jadi tinggal refreshing saja. Semuanya dapat kembali saat berada di lapangan."

Ia juga mengaku tidak masalah harus bermain rangkap karena juga turun di nomor ganda campuran bersama Debby Susanto. Pasangan Debby/Ricky maju ke babak kedua setelah pada babak pertama, Selasa (3/7/2018) mengalahkan ganda China He Jiting/Diu Yue 17-21, 21-13, 24-22.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang penting saya memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin dan memperhatikan asupan," kata Ricky. "Selebihnya saya pasrahkan kepada yang di atas."

Di babak kedua, Ricky/Angga akan menunggu pemenang pertandingan antara unggulan 5 asal Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler-Kolding yang menghadapi ganda Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin.

"Saat ini sebenarnya konsentrasi saya lebih berat ke ganda campuran. Apalagi saya dan Debby disiapkan juga buat Asian Games. Tetapi apa salahnya, kalau mampu tampil baik di dua nomor? Saya kan juga pernah juara di ganda putera," lanjut Ricky.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.