Kompas.com - 24/05/2018, 19:10 WIB
Mantan Atlet Bulutangkis Indonesia Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang sukses menjalankan bisnis perlatan olahraga dengan merek Astec. KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMantan Atlet Bulutangkis Indonesia Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang sukses menjalankan bisnis perlatan olahraga dengan merek Astec.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulutangkis menjadi cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Lewat cabang ini pulalah Indonesia berhasil untuk pertama kali meraih medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona lewat Susi Susanti.

Memang, atlet-atlet bulu tangkis putra Indonesia lebih sering berprestasi di kancah internasional

Namun, bukan berarti para pebulu tangkis putri tak berprestasi. Berikut sejumlah atlet bulu tangkis putri Indonesia yang berpretasi.

1. Minarni Soedaryanto

Perempuan kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944 ini menjadi salah satu sosok ternama di dunia bulu tangkis pada 1959 sampai 1975-an.

Dia sudah masuk pelatnas dalam usia 15 tahun dan berhasil meraih gelar juara All England, Malaysia Terbuka, AS Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, dan Piala Uber di sepanjang kariernya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam turnamen All England 1968, Minarni bersama Retno Kustiyah menjadi bagian dari tim Indonesia yang berjaya dalam ajang bergengsi ini.

Minarni berhasil menjadi runner-up nomor tunggal putri sekaligus menjadi pemain putri pertama Indonesia yang masuk ke babak final All England.

Gagal di final tunggal putri tak menyurutkan semangat Minarni yang menyabet juara dalam nomor ganda putri berpasangan dengan Retno Kustiyah.

Pada 1975 di Jakarta, tim Piala Uber Indonesia yang diperkuat Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Sumirah, Minarni Soedaryanto, dan Regina Masli berhasil untuk pertama kali menjadi juara setelah mendudukan Jepang dengan skor 5-2.

Setelah pensiun sebagai pemain, Minarni kemudian berkarier sebagai pelatih di pelatnas serta aktif dalam PB PBSI.

Minarni meninggal dunia dalam usia 59 tahun pada 14 Mei 2003, di Jakarta.

Prestasi Minarni:

Tunggal Putri

  • Finalis Piala Uber 1969
  • Finalis Piala Uber 1972
  • Juara Piala Uber 1975
  • Finalis All England 1968

Ganda Putri

Juara All England 1968 (Minarni/Retno Kustiyah)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.