Soal Pengamanan Asian Games, Ini Hasil Rakor Kementerian PMK - Kompas.com

Soal Pengamanan Asian Games, Ini Hasil Rakor Kementerian PMK

Kompas.com - 17/05/2018, 19:38 WIB
Suasana peserta parade Asian Games XVIII 2018 Jakarta-Palembang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (13/5/2018). Acara yang diikuti sekitar 5.000 peserta dari berbagai komunitas, instansi pemerintah, dan pihak sponsor tersebut untuk menggelorakan semangat dan partisipasi masyarakat dalam menyambut Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.MAULANA MAHARDHIKA Suasana peserta parade Asian Games XVIII 2018 Jakarta-Palembang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (13/5/2018). Acara yang diikuti sekitar 5.000 peserta dari berbagai komunitas, instansi pemerintah, dan pihak sponsor tersebut untuk menggelorakan semangat dan partisipasi masyarakat dalam menyambut Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Keamanan (PMK) Puan Maharani usai memimpin rapat koordinasi Persiapan Pengamanan Asian Games 2018 memberi catatan ihwal  perlunya sinergi dari semua pemangku kepentingan untuk suksesnya perhelatan tersebut. Terutama, dari segi faktor pengamanan.

Menurut rilis yang diterima Kompas.com hari ini dari Kementerian PMK, Puan Maharani juga berpesan agar pelaksanaan Asian Games ke-18 ini diharapkan mampu mencapai sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi rakyat, serta sukses dalam pengamanannya.

“Pelaksanaan  Asian Games  tinggal  92 hari lagi, untuk itu saya meminta ada sinergi antarpemangku kepentingan dalam pengamanan pelaksanaannya," ujar Menko PMK pada rapat yang dihadiri sejumlah pemangku kepentingan antara lain dari Kemenhub, Kemenpora, Inasgoc, Provinsi DKI Jakarta dan sebagainya.

Masalah keamanan, terang Menko PMK,  kini memang menjadi sorotan dan harus menjadi perhatian serius di saat kondisi dalam negeri saat ini sedikit terganggu. Untuk itu,  keamanan menjadi fokus pemerintah agar penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia yang digelar di Jakarta dan Palembang tersebut terlaksana tanpa gangguan.  

Menko PMK juga menyampaikan ada 6 objek pengamanan yang terdiri atas VVIP, kontingen, venue, non-venue, transportasi dan keamanan siber. Sistem pengamanan yang diterapkan mulai sejak bandara dengan petugas pengamanan terdiri dari Polri dan TNI.

Terkait dengan persoalan anak sekolah, Menko PMK menyampaikan bahwa saat ini hal itu masih dikoordinasikan antara menteri pendidikan dan pemerintah DKI Jakarta.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X