Kompas.com - 08/05/2018, 09:17 WIB

BOGOR, Kompas.com - Harmonisasi hubungan antara Indonesia dan China tak hanya ditandai dengan pertemuan antara Perdana Menteri China, Li Keqiang dan Presiden RI, Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5/2018).

Momen yang bersamaan dengan kegiatan Pre-Delegation Registration Meeting (Pre-DRM) Asian Games 2018 di Phnom Penh, Kamboja, juga ditandai dengan terdaftarnya sekitar 3.000 jumlah kontingen atlet dan ofisial China yang akan berlaga di pesta olahraga bangsa Asia ke-18, Agustus mendatang.

Meski pendaftaran melalui Pre-DRM itu masih berupa entry form by numbers sesuai cabang olahraga yang akan diikuti, namun jelas terlihat langganan juara umum Asian Games sejak New Delhi 1982 itu akan mengirim kekuatan terbesar di Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Saat menjadi tuan rumah, di Guangzhou 2010, China mengirimkan 960 atlet, sedangkan di Incheon 2014 mereka diperkuat 880 atlet.

“Saya mendapat laporan dari tim panitia pelaksana Asian Games 2018 yang tengah bertugas di Phnom Penh bahwa kontingen China sudah mendaftarkan 3.000 atlet dan ofisial. Ini momen yang bagus bagi Asian Games 2018 sendiri, dan juga hubungan antara kedua negera yang tengah berlangsung positif,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir di Jakarta.

Daftar sekitar 3.000 atlet dan ofisial dari Negeri Tirai Bambu itu masih berupa long list. Jumlah pasti baru akan diketahui saat entry form by name, 30 Juni 2018. Sejak awal Mei, tim panpel Asian Games 2018 yang terdiri dari tiga departemen, yakni International Relations & Protocol, Sports, dan Akreditasi menggelar Pre-DRM di dua negara, Kirgistan dan Kamboja untuk menerima pendaftaran jumlah kontingen dari para National Olympic Committee (NOC) peserta Asian Games 2018.

Saat di Kirgistan, tim panpel Asian Games 2018 melayani pendaftaran 19 NOC dari wilayah Asia Barat dan Asia Tengah, sementara di Kamboja giliran 26 negara-negara dari Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara melakukan registrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Inasgoc
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.