Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda Kirgistan dan Semangat Asian Games

Kompas.com - 05/05/2018, 21:37 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

BISHKEK, Kompas.com - Kalangan muda Kirgistan menyambut baik rangkaian acara jelang Asian Games 2018 dengan mengikuti acara Asian games Fun Run di Bishkek, kamis (03/05/2018).

Hal itu terlihat jelas di 2018 Asian Games Fun Run yang berlangsung di Bishkek, Kirgistan, Kamis (3/5/2018). Meski lomba baru digelar pukul 11 waktu setempat, namun sejak pukul 8 pagi di tengah udara cerah tapi dingin, 15 derajat celcius, lapangan Yojnie Vorotna di Bishkek sudah dipenuhi sekitar 800 orang kalangan muda.

Tak hanya itu, beberapa anak yang datang mewakili sekolah atau klub olahraga kota itu datang bersama pelatih. Mereka melakukan pemanasan serius dan mendengarkan instruksi yang diberikan para pelatih agar bisa berlari dengan baik.

"Saya membawa 10 anak dari Karven Sports Club kota Bishkek khusus untuk mengikuti lomba fun run Asian Games 2018. Selain untuk melihat hasil latihan, saya ingin para anak-anak mengetahui soal Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan di Indonesia. Terus terang, banyak dari anak-anak Kirgistan baru tahu Indonesia dan Asian Games dari kegiatan ini, sehingga mereka gembira melakukannya," ujar Danniar Goulgaev, pelatih lari di Karven Sports Club, Bishkek.

Asian Games Fun Run yang berlangsung di Bishkek, Kirgistan, Kamis (3/5/2018),  baru digelar pukul 11 waktu setempat, namun sejak pukul 8 pagi di tengah udara cerah tapi dingin, 15 derajat celcius, lapangan Yojnie Vorotna di Bishkek sudah dipenuhi sekitar 800 orang kalangan muda. 
INASGOC Asian Games Fun Run yang berlangsung di Bishkek, Kirgistan, Kamis (3/5/2018), baru digelar pukul 11 waktu setempat, namun sejak pukul 8 pagi di tengah udara cerah tapi dingin, 15 derajat celcius, lapangan Yojnie Vorotna di Bishkek sudah dipenuhi sekitar 800 orang kalangan muda.

Ya, seperti yang diungkapkan Haidar Rahman, Direktur Asian Games Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang membuka 2018 Asian Games OCA Fun Run di Kirgistan, kegiatan lari yang sudah berjalan di 16 negara peserta Asian Games tersebut membuat banyak kalangan mengenal pesta olahraga terbesar di Asia itu, sekaligus mengetahui lebih banyak tentang Indonesia.

"Dari sekian Asian Games 2018 Fun Run yang sudah berlangsung, semangat anaka-anak di Bishkek, Kirgistan ini termasuk yang terbaik. Saya berterima kasih kepada Kementerian Olahraga Kirgistan dan kota Bishkek yang bisa memobilisasi sehingga kegiatan ini sangat ramai," ujar Haidar Rahman. Direktur Asian Games OCA itu hadir karena pada saat bersamaan juga berlangsung Pre Delegation Regional Meeting (DRM) sehingga para peserta rapat itu juga menonton pelaksanaan fun run.


Acara 2018 Asian Games Fun Run di Bishkek, Kirgistan juga dihadiri Wakil Menteri Olahraga Kirgistan, Joomart Shamkanov, Walikota Bishkek, Kanembaev Almaz. Sementara itu, pihak Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC)  diwakili Sekretaris Jenderal, Eris Herryanto dan Deputi I Games Operation, Harry Warganegara.INASGOC Acara 2018 Asian Games Fun Run di Bishkek, Kirgistan juga dihadiri Wakil Menteri Olahraga Kirgistan, Joomart Shamkanov, Walikota Bishkek, Kanembaev Almaz. Sementara itu, pihak Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) diwakili Sekretaris Jenderal, Eris Herryanto dan Deputi I Games Operation, Harry Warganegara.

Acara 2018 Asian Games Fun Run di Bishkek, Kirgistan juga dihadiri Wakil Menteri Olahraga Kirgistan, Joomart Shamkanov, Walikota Bishkek, Kanembaev Almaz. Sementara itu, pihak Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC)  diwakili Sekretaris Jenderal, Eris Herryanto dan Deputi I Games Operation, Harry Warganegara.

"Saya baru kali ini menyaksikan secara langsung kegiatan Fun Run Asian Games 2018 yang diinisiasi OCA. Ternyata, sungguh luar biasa efektifitasnya dalam mempromosikan Asian Games 2018. Mulai dari pemerintah setempat, panitia lokal, hingga peserta yang kebanyakan anak-anak jadi tahu tentang Asian Games dan Indonesia," kata Eris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com