Ini Dua Pesan Penting untuk Masyarakat Indonesia saat Perhelatan Asian Games

Kompas.com - 26/04/2018, 19:43 WIB
Baliho Asian Games ke-18 2018 di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Pada 1962, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-4. 
Kompas.com/Josephus PrimusBaliho Asian Games ke-18 2018 di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Pada 1962, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-4.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua pesan penting bagi seluruh masyarakat Indonesia pada perhelatan Asian Games 2018.

Salah satunya, kata Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang, adalah menjadi tuan rumah yang baik.

Indonesia, bakal menggelar pesta olahraga terbesar Asia tersebut mulai 18 Agustus 2018 sampai dengan 2 September 2018. Ada dua kota penyelenggara Asia Games yang ke-18 itu yakni Jakarta dan Palembang.

"Kita harus menjadi tuan rumah yang baik," tuturnya pada peluncuran program bertajuk Satukan Tekad dan Semangat Indonesia Dukung Asian Games 2018.

Hal kedua yang juga penting, lanjut Franciscus adalah atlet-atlet Indonesia harus menunjukkan prestasi yang baik. "Kita ingin mereka membawa medali kemenangan," katanya.

Kedua

Catatan terkumpul Kompas.com dari laman goodnewsfromindonesia.id menunjukkan bahwa kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games terjadi pada 1962. Waktu itu, Jakarta menjadi kota penyelenggara.

Presiden Soekarno membuka acara tersebut pada 24 Agustus 1962. Perhelatan berlangsung lebih kurang satu bulan.

Ada 12 negara Asia yang ikut dalam Asian Games kali keempat tersebut. Sementara, jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan ada 13.

Hasil akhir pertandingan menunjukkan bahwa Indonesia berhasil menempati posisi kedua. Satu level di atas Indonesia adalah Jepang.

Total medali yang diraih Indonesia adalah 77 medali dengan rincian 21 emas, 26 perak, dan 30 perunggu. Posisi ini mengalahkan India, Filipina, dan Korea Selatan yang masing-masing mendapatkan total medali 55, 27, dan 15.

Sebagai pemuncak, Jepang meraih 161 medali meliputi 73 emas, 65 perak, dan 23 perunggu.

Berpose dari kiri ke kanan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang, Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Taufik Wiraatmadja,  General Manager Marketing Divisi Mie Instan Julia Atman, General Manager Marketing Indomilk Divisi Dairy Vanda Ratana, dan Vice Director of Revenue INASGOC Cahyadi Wanda saat peluncuran program Satukan Tekad dan Semangat Indonesia Dukung Asian Games 2018 pada Kamis (25/4/2018) di Jakarta.


Kompas.com/Josephus Primus Berpose dari kiri ke kanan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang, Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Taufik Wiraatmadja, General Manager Marketing Divisi Mie Instan Julia Atman, General Manager Marketing Indomilk Divisi Dairy Vanda Ratana, dan Vice Director of Revenue INASGOC Cahyadi Wanda saat peluncuran program Satukan Tekad dan Semangat Indonesia Dukung Asian Games 2018 pada Kamis (25/4/2018) di Jakarta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X