Sebanyak 24 Atlet Lolos ke Kudus - Kompas.com

Sebanyak 24 Atlet Lolos ke Kudus

Kompas.com - 16/04/2018, 18:29 WIB
 Pertandingan di hari terakhir rangkaian Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan, Kalimantan Timur Senin (16/4) menghasilkan 24 Pebulutangkis belia yang akan melaju ke babak Final Audisi di Kudus, Jawa Tengah, pada September 2018. Pertandingan di hari terakhir rangkaian Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan, Kalimantan Timur Senin (16/4) menghasilkan 24 Pebulutangkis belia yang akan melaju ke babak Final Audisi di Kudus, Jawa Tengah, pada September 2018.


BALIKPAPAN, Kompas.com  - Pertandingan di hari terakhir rangkaian Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan, Kalimantan Timur Senin (16/4) menghasilkan 24 pebulutangkis belia yang akan melaju ke babak Final Audisi di Kudus, Jawa Tengah, pada September 2018. Jumlah tersebut berasal dari enam kategori yakni U-11 Putra, U-11 Putri, U-13 Putra, U-13 Putri, U-15 Putra, dan U-15 Putri.

Balikpapan merupakan satu di antara delapan kota yang menjadi rangkaian gelaran Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018. Tahapan dimulai dengan fase registrasi dengan total pendaftar mencapai 362 pebulutangkis muda.

Selanjutnya, ratusan peserta tersebut unjuk kemampuan pada Tahap Screening, Sabtu (24/3). Mereka dipantau langsung oleh Tim Pencari bakat PB Djarum yang terdiri dari legenda bulutangkis Indonesia dan pelatih PB Djarum, yakni Christian Hadinata, Fung Permadi, Yuni Kartika, Sigit Budiarto, Lius Pongoh, Denny Kantono, Tri Kusharyanto, Hastomo Arbi, Sulaiman, dan Engga Setiawan.

Dalam Tahap Screening ini, jumlah peserta yang dinyatakan lolos sebanyak 143 orang yang selanjutnya bertarung sengit di Tahap Turnamen. Tahap ini digelar selama dua hari, yakni pada Minggu-Senin (14-16 April 2018). Di hari pertama Tahap Turnamen dengan sistem gugur ini, para peserta semakin terseleksi menjadi 68 orang.

Hingga kemudian puluhan peserta tersebut kembali bertarung dan menghasilkan 18 pebulutangkis muda yang layak mendapat Super Tiket dan berhak mengikuti Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Kota Kudus pada 7-9 September 2018.

Super Tiket tidak hanya diberikan bagi peserta yang berhasil memuncaki Tahap Turnamen saja. Tim Pencari Bakat juga memberikan Super Tiket Pilihan bagi mereka yang gugur dalam fase turnamen namun dianggap memiliki bakat dan potensi. Pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan, Tim Pencari Bakat memberikan enam Super Tiket Pilihan. Sehingga total terdapat 24 Super Tiket bagi pebulutangkis muda yang akan berlaga di final audisi.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 Christian Hadinata berpesan kepada para peserta yang berhasil lolos pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan agar betul-betul menjaga konsistensi dan terus berlatih. Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 Christian Hadinata berpesan kepada para peserta yang berhasil lolos pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan agar betul-betul menjaga konsistensi dan terus berlatih.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 Christian Hadinata berpesan kepada para peserta yang berhasil lolos pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan agar betul-betul menjaga konsistensi dan terus berlatih.

"Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mengantarkan anaknya untuk mengikuti Audisi Umum ini, menyalurkan dan mengembangkan bakat anak-anaknya melalui olahraga bulutangkis. Bagi adik-adik yang belum lolos, masih ada kesempatan di beberapa kota lainnya. Jangan patah semangat, tidak usah ada perasaan putus asa. Kesempatan tetap terbuka. Terus berlatih," pesan pria yang telah memperkuat tim Piala Thomas sebanyak enam kali ini.

Sementara Sigit Budiarto berujar, bagi para peserta yang lolos hasil Audisi Umum di Balikpapan, agar tidak cepat puas diri. Masih cukup lama waktu untuk mempersiapkan diri jelang babak Final Audisi. "Ini baru langkah awal, jangan cepat puas," tegasnya.

Di babak Final Audisi di Kudus pada September 2018, lanjut Sigit, lawan-lawan yang bakal dihadapi dipastikan sangat kuat. Ratusan peserta lainnya yang merupakan hasil Audisi Umum di kota-kota lainnya, menurutnya, tentunya juga telah mempersiapkan diri untuk meraih beasiswa dari Bakti Olahraga Djarum Foundation.

"Fisik dan teknik harus ditempa terus setelah Audisi Umum di Balikpapan ini. Karena nanti di Kudus itu adalah lawan-lawan terbaik dari semua kota audisi," pesan pebulutangkis yang berhasil meraih gelar Juara Dunia pada tahun 1997 bersama Candra Wijaya ini.

Berikut para peraih Super Tiket hasil Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Balikpapan (nama, nomor punggung, kota/kabupaten asal):

U-11 Putri
Alisa Amelia Dansach 0033 (Kota Samarinda)
Madinah Dell Azzahra 0004 (Kota Kendari)

U-11 Putra
Revand Harianto 0046 (Kota Balikpapan)
Raid Nabil Setiawan 0265 (Kota Balikpapan)
Raihan Daffa Edsel Pramono 0226 (Kota Kediri)
Nazwan Abdillah 0079 (Kota Samarinda)

U-13 Putri
Nadia Pritasari  0090 (Tanah Laut)
Sheila Lydia 0224 (Nganjuk)

U-13 Putra
Bryan Dave Limbowo 0163 (Parigi Moutong)
Cristiano Ronaldo Eka Saputra 0152 (Sleman)
Taufiqul Vicky 0129 (Kota Balikpapan)
Christian Trinata Liban Laden 0008 (Kota Samarinda)

U-15 Putri
Ryani Puspita Dewi 0005 (Kota Balikpapan)
Ni Kadek Linda Angeline Asmara 0119 (Gianyar)

U-15 Putra
Irvan Bagus Dwi Prasetyo 0171 (Penajam Paser Utara)
Kadek Guruh Sucahya 0021 (Buleleng)
Muhammad Faqih Anshori 0320 (Kota Samarinda)
Muhammad Septian Amin 0286 (Kota Samarinda)

Para peserta peraih Super Tiket Pilihan Tim Pencari Bakat:
U13 Putri - Elsa Auriya 0070 (Kota Balikpapan)
U13 Putri - Nella Puspita Dewi 0100 (Kota Samarinda)
U13 Putra - Rizqy Ramadhani 0082 (Tanah Laut)
U13 Putra - Zidane Cahyo Nugroho 0313 (Kutai Timur)
U13 Putra - Jonathan Dylan Tedja Saputra 0026 (Kota Manado)
U13 Putra - Januar Jason Tedja Saputra 0029 (Kota Manado)   

Usai di Pekanbaru dan Balikpapan, PB Djarum akan melanjutkan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis yang bergulir di enam kota lainnya. Kota-kota tersebut adalah Manado, Cirebon, Solo, Purwokerto, Surabaya, dan Kudus.

Super Tiket tidak hanya diberikan bagi peserta yang berhasil memuncaki Tahap Turnamen saja. Tim Pencari Bakat juga memberikan Super Tiket Pilihan bagi mereka yang gugur dalam fase turnamen namun dianggap memiliki bakat dan potensi Super Tiket tidak hanya diberikan bagi peserta yang berhasil memuncaki Tahap Turnamen saja. Tim Pencari Bakat juga memberikan Super Tiket Pilihan bagi mereka yang gugur dalam fase turnamen namun dianggap memiliki bakat dan potensi

 

Para atlet yang berhasil lolos dari fase Audisi Umum di Balikpapan akan melaju ke babak Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis, di GOR Djarum, Jati, Kudus, pada 7-9 September 2018. Di tahap final ini mereka akan kembali berkompetisi dengan para atlet dari kota-kota lainnya sebelum akhirnya diumumkan siapa saja yang resmi diterima menjadi atlet PB Djarum.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U11 (berusia 6-10), U13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun), dan U15 (untuk peserta dengan umur 13-14 tahun).

Audisi akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman www.pbdjarum.org atau dengan mendaftarkan diri secara langsung sehari sebelum pelaksanaan Audisi Umum di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya.

Jadwal Pelaksanaan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017

TANGGAL

KOTA

VENUE

24-26 Maret

Pekanbaru

GOR Angkasa

14-16 April

Balikpapan

GOR Hevindo

5-7 Mei

Manado

GOR Arie Lasut

21-23 Juli

Purwokerto

GOR Satria

21-23 Juli

Surabaya

GOR Sudirman

4-6 Agustus

Cirebon

GOR Bima

4-6 Agustus

Solo Raya

GOR RM Said, Karanganyar

4-6 September

Kudus

GOR Djarum, Jati Kudus

7-9 September

Final di Kudus

GOR Djarum, Jati Kudus


Komentar

Close Ads X