Balas Dendam atas Srikanth, Chong Wei Sabet Emas Commonwealth - Kompas.com

Balas Dendam atas Srikanth, Chong Wei Sabet Emas Commonwealth

Kompas.com - 15/04/2018, 11:41 WIB
Lee Chong Wei, gagal memenuhi ambisi untuk menjadi juara dunia Lee Chong Wei, gagal memenuhi ambisi untuk menjadi juara dunia

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, memenuhi ambisinya mencetak rekor pada Commonwealth Games. Chong Wei meraih medali emas kelima dalam keikutsertaannya pada ajang olahraga multievent antarnegara persemakmuran Inggris tersebut.

Medali emas kelima dia dapat setelah menumbangkan Kidambi Srikanth (India) dengan skor 19-21, 21-14, 21-14, pada partai final Commonwealth Games 2018 yang berlangsung di Carrara Sports Arena, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018).

Bagi Chong Wei, kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan dari Kidambi pada final nomor beregu campura, 9 April lalu.

(Baca juga: Lee Chong Wei Akan Hadapi Kidambi Srikanth pada Final Commonwealth Games Terakhirnya)

Alhasil, Chong Wei menjadi satu-satunya wakil Malaysia yang menyumbang medali emas. Kompatriotnya yang menjadi andalan pada sektor ganda campuran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, hanya mampu mendulang medali perunggu.

Melalui kemenangan ini, Chong Wei menyamai rekor pemain spesialias ganda Malaysia. Koo Kien Kiet. Koo tercatat memiliki lima medali emas dari ajang Commonwealth Games.

Pada Commonwealth Games empat tahun lalu, pemain berusia 36 tahun itu terpaksa tidak turut serta karena mengalami cedera paha saat latihan. Pertama kali Chong Wei mendapat medali emas Commonwealth Games adalah pada edisi 2006 yang digelar di Melbourne, Australia. Saat itu, Chong Wei mendulang emas dari nomor beregu dan tunggal putra.

Pada Commonwealth Games 2010 yang digelar di New Delhi (India), Chong Wei juga meraih dua medali emas dari nomor beregu dan tunggal putra. (Delia Mustikasari)


Komentar

Close Ads X