Kompas.com - 10/04/2018, 10:16 WIB
|

KOMPAS.com - Balapan seri kedua MotoGP di Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, Minggu (8/4/2018), menuai badai kritik. Salah satunya adalah masalah start yang dianggap amburadul.

Situasi yang kacau sempat mewarnai balapan tersebut ketika pebalap dan tim berbondong-bondong mengganti motor mereka untuk mengantisipasi kondisi trek yang mengering.

Hanya Jack Miller (Pramac Racing) yang bertahan di posisinya karena sudah memasang ban yang sesuai dengan kondisi treknya.

Jika menilik pada regulasi kejuaraan, tim dan pebalap yang keluar dari posisinya harus memulai lap pemanasan dari pitlane dan start dari posisi paling belakang.

Namun, Race Direction membuat keputusan berbeda dengan mempersilakan para pebalap kembali ke barisan sebelum memulai lap pemanasan.

Bos Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, Carmelo Ezpeleta, membela keputusan tersebut yang dianggapnya solusi terbaik dalam situasi itu.

Baca Juga: Begini Pengorbanan Besar Pebalap Malaysia Hingga Bisa Lampaui Juara Dunia MotoGP

Lebih-lebih karena mereka harus mempertimbangkan aspek keselamatan dari skenario 23 pebalap yang start dari pitlane.

Sebelumnya, mereka pernah mengalami masalah yang hampir serupa saat gelaran GP Jerman pada musim 2014.

"Kami membuat keputusannya, memberitahukannya kepada sebagian besar tim untuk melakukan start seperti itu," kata Ezpeleta dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Keputusan itu diambil karena alasan keselamatan dan merupakan keputusan yang tepat," ujar pria asal Spanyol tersebut menambahkan.

Carmelo Ezpeleta mengatakan bahwa pihaknya akan membawa masalah tersebut untuk dibahas bersama para rider pada Safety Commission MotoGP berikutnya.

Balapan GP Argentina dimenangi oleh pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, dan diikuti oleh Johann Zarco (Yamaha Tech3) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) di posisi kedua dan ketiga. (Ardhianto Wahyu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.