Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Start GP Argentina Kacau, Penyelenggara MotoGP Buka Suara

Kompas.com - 10/04/2018, 10:16 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Balapan seri kedua MotoGP di Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, Minggu (8/4/2018), menuai badai kritik. Salah satunya adalah masalah start yang dianggap amburadul.

Situasi yang kacau sempat mewarnai balapan tersebut ketika pebalap dan tim berbondong-bondong mengganti motor mereka untuk mengantisipasi kondisi trek yang mengering.

Hanya Jack Miller (Pramac Racing) yang bertahan di posisinya karena sudah memasang ban yang sesuai dengan kondisi treknya.

Jika menilik pada regulasi kejuaraan, tim dan pebalap yang keluar dari posisinya harus memulai lap pemanasan dari pitlane dan start dari posisi paling belakang.

Namun, Race Direction membuat keputusan berbeda dengan mempersilakan para pebalap kembali ke barisan sebelum memulai lap pemanasan.

Bos Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, Carmelo Ezpeleta, membela keputusan tersebut yang dianggapnya solusi terbaik dalam situasi itu.

Baca Juga: Begini Pengorbanan Besar Pebalap Malaysia Hingga Bisa Lampaui Juara Dunia MotoGP

Lebih-lebih karena mereka harus mempertimbangkan aspek keselamatan dari skenario 23 pebalap yang start dari pitlane.

Sebelumnya, mereka pernah mengalami masalah yang hampir serupa saat gelaran GP Jerman pada musim 2014.

"Kami membuat keputusannya, memberitahukannya kepada sebagian besar tim untuk melakukan start seperti itu," kata Ezpeleta dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Keputusan itu diambil karena alasan keselamatan dan merupakan keputusan yang tepat," ujar pria asal Spanyol tersebut menambahkan.

Carmelo Ezpeleta mengatakan bahwa pihaknya akan membawa masalah tersebut untuk dibahas bersama para rider pada Safety Commission MotoGP berikutnya.

Balapan GP Argentina dimenangi oleh pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, dan diikuti oleh Johann Zarco (Yamaha Tech3) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) di posisi kedua dan ketiga. (Ardhianto Wahyu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com