Kompas.com - 08/04/2018, 00:01 WIB
Al Iaquinta (kiri) Al Iaquinta (kiri)


NEW YORK, Kompas.com - Petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov akhirnya mendapat lawan Al Iaquinta  dalam ajang UFC 223 di New York, Sabtu (Minggu WIB) ini.

Nurmagomedov (25-0 MMA, 9-0 UFC) akan menghadapi Iaquinta (13-3-1 MMA, 8-2 UFC) meski tidak akan memperebutkan gelar juara. Karena bertarung bukan di kelasnya, Iaquinta  kehilangan kesempatan merebut gelar apabila ia menang sekali pun.

Iaquinta menggantikan posisi Max Holloway (19-3 MMA, 15-3 UFC), Karena waktunya yang mepet, promotor akhirnya memilih Iaquinta untuk masuk dalam partai utama. Padahal sebeanrnya, Iaquinta akan menghadapi  Paul Felder (15-3 MMA, 7-3 UFC) pada partai pembuka.

Holloway pun maju karena menggantikan posisi penantang utama, Ferguson.  Setelah Holloway ditolak oleh Komisi Atletik New York karena masalah kesehatan,  UFC menawarkan Anthony Pettis (20-7 MMA, 7-6 UFC). Ia sebenarnya kehilangan lawan karena lawannya, Michael Chiesa dilarang bertarung setelah mengalami cedera dalam peristiwa pelemparan keranjang sampah oleh McGregor.

Gagal mengajukan Pettis, UFC mengajukan lamaran kepada Paul Felder. Sayangnya, petarung ini dinyatakan tak layak dalam sebuah pertarungan perebutan gelar oleh komisi atletik New York. Alasannya, peringkatnya belum cukup.

Jadi, akhirnya pilihan jatuh pada Iaquinta. Sayangnya, ia tetap tidak akan diakui sebagai juara kelas ringan bila menang. Hasil pertarungan hanya akan mensahkan pencoretan  nama Conor McGregor (21-3 MMA, 9-1 UFC) sebagai juara bertahan kelas  ringan. Rencana ini sudah lama, sebelum peristiwa perusakan bus oleh McGregor.

Berikut jadwal lengkap UFC 223:
Khabib Nurmagomedov vs. Al Iaquinta
Champ Rose Namajunas vs. Joanna Jedrzejczyk
Calvin Kattar vs. Renato Moicano
Kyle Bochniak vs. Zabit Magomedsharipov
Chris Gruetzemacher vs. Joe Lauzon

Partai pembuka
Felice Herrig vs. Karolina Kowalkiewicz
Ashlee Evans-Smith vs. Bec Rawlings
Olivier Aubin-Mercier vs. Evan Dunham
Devin Clark vs. Michael Rodriguez



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X