Kompas.com - 20/03/2018, 23:23 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon badmintonindonesiaKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

JAKARTA, Kompas.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menyatakan prestasi yang ditorehkan oleh pebulu tangkis ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang mempertahankan gelar juara All England adalah kebanggaan seluruh bangsa Indonesia.

"Selamat pada Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya yang telah memberikan penampilan terbaik dalam final dan berhasil menjadi juara All England 2018. Terus pertahankan prestasi. Ini adalah kebanggaan kita semua, kebanggaan seluruh bangsa Indonesia," ujar Puan seperti dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Momentum kemenangan Marcus/Kevin ini, menurut Puan, semakin meneguhkan prestasi Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis dan bisa memicu semangat atlet lainnya, baik di cabang olahraga bulu tangkis ataupun cabang olahraga lainnya.

"Prestasi ini adalah pemicu semangat bagi para atlet untuk menunjukkan sukses prestasi di ajang olahraga lainnya. Terlebih Indonesia dalam waktu dekat akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Kami berharap atlet Indonesia di sana bisa sukses prestasi, sesuai target yang telah ditetapkan," ujar politisi PDIP tersebut.

Pada laga final All England 2018, pasangan Marcus/Kevin berhasil mengalahkan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dengan skor dua 21-18, 21-17 pada laga final All England 2018 di Arena Birmingham, Inggris, Senin (19/3).

Kemenangan Marcus/Kevin dalam All England tahun ini juga mengukuhkan keduanya sebagai pasangan yang tidak terkalahkan dalam 19 laga internasional terakhir, dan memantapkan posisi mereka sebagai pemuncak rangking dunia saat ini.

Marcus/Kevin yang mendapatkan gelar All England-nya yang kedua secara berturut-turut sejak 2017, menyamai catatan salah satu pasangan legendaris Indonesia Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang meraih hal serupa di tahun 1995-1996.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, Marcus/Kevin bisa disebut lebih luar biasa karena memecahkan rekor menjadi pasangan ganda putra pertama sepanjang sejarah BWF yang mengumpulkan rangking poin akumulasi melebihi 100 ribu poin.

Selain dari Puan, ucapan selamat atas keberhasilan Marcus/Kevin di All England 2018, juga disampaikan Presiden Joko Widodo melalui akun twitternya @jokowi.

"Selamat atas keberhasilan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang sukses mempertahankan gelar All England. Pertahankan prestasi sekarang untuk meraih prestasi lainnya. Indonesia Bangga!-Jkw," tulis Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.