Para Bintang Yang Akan Surut Usai All England - Kompas.com

Para Bintang Yang Akan Surut Usai All England

Kompas.com - 14/03/2018, 22:17 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei (kanan), dan pemain China, Lin Dan.AP Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei (kanan), dan pemain China, Lin Dan.

JAKARTA, Kompas.com - Old players never die, they just fade away. Turnamen bulu tangkis All England 2018, tampaknya akan menjadi penampilan terakhir bintang-bintang tua seperti Lee Chong Wei dan Lin Dan.

Juara All England empat kali asal Malaysia, Lee Chong Wei  kini telah berusia 35 tahun. Peraih perak dalam tiga Olimpiade ini sudah menyatakan akan  mundur usai Asian Games di Jakarta, Agustus mendatang.

Musuh utama Chong Wei, Lin Dan asal China juga telah berusia 35 tahun.  Begitu pun pemain Korea, Lee Hyun-il (36) serta ganda utama Denmark, Mathias Boe (37) dan Joachim Fischer Nielsen (39).

Saat tiba di Birmingham, Chong Wei telah mengatakan akan menikmati keikutsertaannya di All England yang kemungkinan merupakan terakhir kali.   "Semua terlihat baik-baik saja.  Saya tak ingin diganggu dengan apa pun.  Saya hanya ingin fokus pada setiap partai," kata Chong Wei yang saat ini masih menempati peringkat 2 dunia.

Jika lolos dari babak pertama, Chong Wei kemungkinan akan menghadapi lawan berat asal Denmak, Jan O. Jorgensen.

Pelatih Chong Wei asal Indonesia, Hendrawan mengaku peluang Chong Wei masih cukup besar. "All England merupakan turnamen khusus buat dia. Ia tetap bergairah seperti dulu," kata mantan pemain Pelatnas Cipayung ini.

Hendrawan juga mengakui pemainnya sudah menyesuaikan diri dengan beberapa perubahan seperti tinggi servis atau pun  kemungkinan perubahan poin dari 21 menjadi 11.
"Perubahan adalah hal biasa dan kita harus menyesuaikan diri dengan itu."

Dengan absennya peringkat satu dunia, Viktor Axelsen asal Denmark, Chong Wei akan bersaing dengan pemain senior seperti Lin Dan, Jorgensen, Hyun-il, Chen Long  serta sejumlah pemian muda seperti Shi Yuqi (China), Kenta Nishimoto (Jepang) serta Jonatan Christie (Indonesia).


Komentar
Close Ads X