Adinda Pertajam Rekornas di Singapura - Kompas.com

Adinda Pertajam Rekornas di Singapura

Kompas.com - 14/03/2018, 21:45 WIB
Adinda Larasati DewiPRSI Adinda Larasati Dewi


SINGAPURA, Kompas.com - Satu rekor nasional berhasil dipecahkan perenang Indonesia di kejuaraan renang bertajuk Singapore National Age Group (SNAG)  yang berlangsung di OCBC Aquatic Centre, Singapura, Rabu 14 Maret 2018.

Rekornas berhasil dipecahkan Adinda Larasati Dewi (18 tahun) di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri dengan catatan 2 menit 12,92 detik, lebih cepat dari rekornas lama atas nama Monalisa Arieswaty Lorenza dengan catatan 2 menit 13,08 detik.

"Saya senang banget bisa pecah rekornas, perjuangannya sulit. Semoga ini jadi start bagus di awal tahun 2018," ucap Adinda dengan senyum lebar.

Rekornas Adinda terpecahkan di babak penyisihan sesi pagi. Di babak final, malam harinya, Adinda yang juga perenang pelatnas Asian Games 2018, berhasil keluar sebagai juara, hanya belum bisa mempertajam catatan rekornasnya. Di final Adinda mencatat 2 menit 13,07 detik.

"Hasil yang memuaskan hari pertama. Tidak disangka Adinda begitu impresif dg catatan waktu 2:12.92 detik yang memecahkan rekornas. Waktu terbaik Adinda sebelumnya hanya 2:14.05 detik. Padahal periodisasi latihan masih pada tahap latihan dengan volume tinggi. Berharap performa Adinda menginspirasi perenang-peranang muda Indonesia lainnya," papar Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Rahardjo yang memberi dukungan langsung dari pinggir kolam OCBC Aquatic Centre.

Di nomor 200 meter gaya kupu-kupu Azzahra Parmatahani mencatat 2:14,91 detik. "Selamat juga untuk Adinda dan Azzahra yang berhasil menembus limit-A Youth Olympic Games di nomor 200 meter gaya kupu-kupu" tambahnya.

Para atlet pelatnas Asian Games yang turun di ajang SNAG 2018 ini adalah mereka yang tidak ikut dalam uji coba di Australia. Para atlet putera yang berlatih dan bertanding di Australia adalah Gde Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Indra Gunawan, Gagarin Nathaniel, Aflah Fadlan Prawira, Ricky Anggawijaya serta dua atket puteri Ressa Kania Dewi dan Patricia Yosita.

Tim Indonesia datang dengan sejumlah besar atlet. Selain tim Pelatnas, atket renang Pelatda DKI juga ikut melakukan uji coba pada SNAG 2018 ini meski harus berangkat dengan biaya sendiri.


Komentar
Close Ads X