Asian Games 2018, Menpora Optimistis Panjat Tebing Raih Hasil Terbaik - Kompas.com

Asian Games 2018, Menpora Optimistis Panjat Tebing Raih Hasil Terbaik

Kompas.com - 13/03/2018, 17:07 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat menyaksikan latihan atlet panjat tebing di Kompleks Stadion Mandala Krida Yogyakarta.KOMPAS.com/Wijaya Kusuma Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat menyaksikan latihan atlet panjat tebing di Kompleks Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan persiapan cabang panjat tebing berjalan dengan baik.

Karena itu, dia optimistis cabang panjat tebing akan memberikan hasil terbaik pada Asian Games 2018 mendatang.

"Persiapan atlet panjat tebing sangat bagus," ujar Menpora Imam Nahrawi seusai menyaksikan latihan para atlet panjat tebing di Kompleks Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Senin (12/3/2018).

"Saya sangat optimistis cabang panjat tebing akan memberikan yang terbaik. Saya melihat tadi, bagaimana coach mencatat secara detail perkembangan demi perkembangan setiap saat," tuturnya.

Baca juga : Wapres JK Sebut Persiapan Asian Games 2018 Tinggal Urusan Administrasi

Menurut dia, bermain di rumah sendiri dan dukungan suporter menjadi modal berharga bagi para atlet untuk bisa memberikan hasil terbaik.

Terlebih lagi, panjat tebing Indonesia mempunyai pengalaman menjadi juara di berbagai ajang bergengsi.

"Ini kesempatan langka, kita bertanding di rumah sendiri, kita akan ditonton oleh keluarga kita. Maka, ini menjadi modal besar, di samping akan lebih dulu melihat venue yang akan menjadi tempat pertandingan," ucapnya.

Belum lagi, ujar dia, pemerintah memberikan dukungan total dengan memenuhi kebutuhan semua atlet pelatnas sehingga tidak ada lagi masalah-masalah klasik yang terjadi seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Ditunjang keseriusan pemerintah memenuhi kebutuhan semua atlet pelatnas dengan baik sehingga tidak ada lagi soal-soal klasik yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, di ujungnya pemerintah sudah menyiapkan bonus yang lumayan besar bagi atlet yang juara," katanya.

Baca juga : Nasib Luis Milla Tergantung pada Hasil Asian Games 2018

Sementara itu, pelatih kepala panjat tebing Indonesia, Caly Setiawan, menyampaikan bahwa pelatnas sudah digelar hampir satu tahun. Perkembangan para atlet selama di pelatnas Yogyakarta mengalami peningkatan yang signifikan.

"Sudah menjalani pelatnas hampir satu tahun di Yogyakarta dan perkembangannya bagus. Namun, memang masih ada beberapa yang perlu terus diperbaiki," ucapnya.

Bahkan dari catatan waktu selama pelatnas, atlet telah memecahkan speed world record. Selama ini, speed world record putra dipegang oleh atlet dari Iran dengan catatan 5,48 detik. Tak hanya putra, untuk speed world record putri 7,33 detik juga telah dilampaui oleh atlet panjat tebing putri di pelatnas.

"Sebagian besar anak-anak sudah melewati rekor dunia, terutama putra. Rekor putra itu, 5,48 detik dan anak-anak 5,3 detik atau 5,4 detik itu sudah biasa," ucapnya.

Dia mengatakan, target untuk cabang olahraga panjat tebing pada Asian Games 2018 adalah dua emas. Hanya, target tersebut masih ada kemungkinan untuk bertambah.

"Saat latihan, di atas kertas sudah oke, hanya nanti kan ada banyak faktor saat pertandingan. Target yang kami ajukan ke pemerintah itu dua emas, tetapi ada kemungkinan lebih," katanya. 



Close Ads X