Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamakali, Perempuan Ikut Lomba Marathon di Saudi Arabia

Kompas.com - 04/03/2018, 22:43 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

RIYADH, Kompas.com - Arab saudi untuk pertamakali menyelanggarakan lomba marathon yang terbuka untuk peserta wanita.

Lomba yang bertajuk Al-Ahsa ini dilangsungkan pada Sabtu (03/03/2018). Panitia menyebut sekitar 1.500 wanita mengikuti lomba yang baru perhamakali dilaksanakan di negara ini.

"Tujuan marathon ini adalah mempromosikan olahraga lari dan mengenalkan olahraga sebagai gaya hidup sehat,"  kata penyelenggara lomba, Malek al-Mousa seperti dikutip  kantor berita Saudi, Al-Arabiya.

Penyelenggaraan ini dilakukan dengan semakin terbukanya  politik pemerintah Raja Salman. Februari lalu, diselenggarakan  hal-marathon internasional di Riyadh. Namun penyelenggaraannya mendapat protes karena tidak menyertakan peserta wanita.

Pada 6 April mendatang akan diadakan  lomba marathon buat perempuan lagi di kota suci Mekah.

Penyelanggaraan event olahraga buat perempuan diadakan sejalan dengan politik Raja Salman yang lebih terbuka terhadap nilai-nilai luar.  Perempuan juga akan mendapat hak untuk mengemudi di tempat umum pada Juni.

Di dunia hiburan, pemerintah Saudi Arabia akan menyelenggartakan 5000 konser dan festival pada 2018 ini.  Ini merupakan kelipatan dibandingkan 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com