Pelatih Sepakbola Inggris Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Kompas.com - 15/02/2018, 23:43 WIB
Barry Bennell  (kanan) saat masih aktif melatih para atlet muda Barry Bennell (kanan) saat masih aktif melatih para atlet muda

LONDON, Kompas.com  - Mantan pelatih yunior Inggris, Barry Bennell dinyatakan bersalah melakukan perundungan seksual dalam 43 kasus terhadap remaja usia antara 11 hingga 15 tahun.

Bennell, 64, yang pernah melatih klub Manchester City dan Crewe Alexandra terbukti bersalah dalam beberapa kasus pelecehan seskual termasuk membujuk melakukan hubungan seks sesama jenis.  Polisi menyebut telah menerima 86 pengaduan berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan Bennell.

"Barry Bennell merupakan seorang tersangka pedofil yang telah melakukan pelecehan para atlet muda yang ingin menjadi pemain sepakbola profesional," kata jaksa penuntut, Jackie Lamb setelah sidang di pengadilan Liverpool.

Kasus ini merujuk pada serangakaian kasus  pelecehan seksual yang terjadi pada dekade 1970 dan 1980-an. Beberapa korban bahkan kemudian menjadi pemain profesiaonal dan timnas Inggris.

Hampir 800 korban kemudian bersaksi dan menujukkan bahwa  klub-klub sepakbola Inggris menutupi kasus memalukan ini. "Orang tua saya berpikir saya dalam keadaan baik-baik saja," kata saksi korban, Steven Walters.  "Mereka mempercayakan saya pada klub,  pengurus serta manajemen klub."

"Selama bertahun-tahun, ratusan dari kami berkembang di sini. Bagaimana mereka bisa tidak tahu ada sesuatu yang keliru terjadi di sini? Kami menderita karena di sini berkembang budaya untuk menutupi keburukan yang berlangsung."

Kasus ini merebak pada akhir 2016 setelah mantan bintang Liverpool dan Tottenham Hostspur, Paul Stewart membuka aib yang terjadi 40 tahun lalu.  Stewart bercerita soal bagaimana ia mengalami pelecehan sebagai pemain muda.  Sebelum Stewart, mantan pemain Crewe, Andy Woodward juga buka suara soal kelakuan Bennell.

Woodward  sendiri menuntut tanggungjawab dari mantan klubnya, Crewe Alexandra.  "Seharusnya mereka bisa menghentiukan hal ini. Saya berharap mereka meminta maaf. Sementara pihak asosiasi sepakbola (FA) tidak pernah terbuka soal ini," kata Woodward.

Manajemen Crewe Alexandra mengaku tidak mengetahui adanya skandal  yang terjadi bertahun-tahun. Mereka menyatakan simpati kepada para korban Bennell.

Selama persidangan, para korban lainnya menyebut ada empat pemain yang pernah ditangani Bennell pernah mencoba bunuh diri. Salah satunya adalah mantan bintang Newcastle, Gary Speed yang menggantung diri pada November 2011 di usia 42.

Kasus terungkapnya aib pelecehan seksual yang dilakukan pelatih atau pembina olahraga terhadap atlet menjadi sorotan setelah terungkapnya kasus pelecehan yang dilakukan Dokter tim Senam Olimpiade Amerika Serikat, Larry Nassar. Dokter tim Olimpik ini dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap para atlet senam Olimpiade AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X