Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Tim Putra Indonesia Rayakan Kemenangan

Kompas.com - 11/02/2018, 23:59 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

ALOR SETAR, Kompas.com - Tim putra Indonesia mempertahankan gelar juara Badminton Asia Team Championshiop dengan mengalahkan favorit China di final 3-1, Minggu (11/02/2018).

Meski turun tanpa menyertakan pemain utama mereka seperti Chen Long dan Lin Dan, China sebenarnya merupakan favorit utama pada turnamen yang berlangsung di Stadion Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Malaysia,

Tetapi para pemain putera Indonesia mampu menunjukkan kematangan juara seperti yang mereka perlihatkan saat menyingkirkan Korea 3-2 di babak semi final, Sabtu (10/02/2018).

"Kami belajar dari kesalahan-kesalahan kami dan mempersiapkan diri dengan baik.  Kemenangan ini juga  merupakan persiapan yang baik menuju perebutan Piala Thomas di Bangkok, Mei mendatang," kata pelatih  ganda, Herry Iman Pierngadi.

Indonesia berada di podium teratas Badminton Asia Team Championship, Minggu (11/02/2018)badmintonindonesia Indonesia berada di podium teratas Badminton Asia Team Championship, Minggu (11/02/2018)

Indonesia meraup poin dari  kemenangan Jonatan Christie atas Shi Yuqi 16-21, 21-17, 21-18. Sementara poin kedua direbut ganda Angga Pratama/Mohammad Ahsan  yang mengalahkan pasangan He Jiting/tan Qiang 21-19, 21-18.

China merebut satu-satunya poin melalui tunggal kedua, Qiao Bin yang mampu mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting 21-12, 11-21, 21-14.

Namun Indonesia merebut poin ketiga atau poin kemenangan melalui Rian Agung Saputro/Hendra Setiawan yang mampu  mengalahkan He Chengkai/Zhou Haodong 21-14, 21-19.

"Saya memang cenderung ke pemain yang berpengalaman dalam event-event penting seperti ini dan di saat poin-poin penting. Seperti Hendra ini yang sudah berpengalaman, Hendra adalah legend, Rian juga sudah beberapa kali ikut Piala Thomas. Jadi memang sengaja menurunkan mereka,” tutur Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PP PBSI.

Sementara itu, Susy Susanti mengapresiasi kerja keras tim putra hingga berhasil mempertahankan gelar. Apalagi kondisi tim tidak seratus persen karena ada beberapa pemain yang cedera. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tidak diturunkan karena Marcus mengalami cedera perut. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting pun tengah menderita cedera engkel kanan.

TRim putera Indonesia menjuarai Badminton Asia Team Championship 2018.badmintonindonesia TRim putera Indonesia menjuarai Badminton Asia Team Championship 2018.

“Terima kasih buat tim dan official yang sudah kerja keras sehingga kita bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ini kado yang indah untuk ulang tahun saya hari ini. Untuk di Piala Thomas, satu-satu dulu ya. Di awal target kami lolos dulu ke putaran final di Bangkok, ternyata hasilnya bisa maksimal,” kata Susy.

“Sebetulnya kami berharap kalau bisa menang lebih cepat lebih baik, tetapi di game ketiga Anthony terlihat tertekan, jadi ini bisa kami pahami. Kondisi Anthony pun tidak seratus persen. Ganda memang menjadi andalan, Hendra/Rian bisa menyelesaikan tugas dengan baik,” tambah Susy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com