Firman Abdul Kholik Bikin Susy Susanti Terpukau - Kompas.com

Firman Abdul Kholik Bikin Susy Susanti Terpukau

Kompas.com - 11/02/2018, 07:09 WIB
Manager Tim Indonesia Susy Susanti saat jumpa pers usai berhasil mengalahkan Tim Brasil 5-0 pada babak penyisihan Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017.   KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Manager Tim Indonesia Susy Susanti saat jumpa pers usai berhasil mengalahkan Tim Brasil 5-0 pada babak penyisihan Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017.

KOMPAS.com - Penampilan apik Firman Abdul Kholik pada partai semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018, Sabtu (10/2/2018), menuai pujian dari Susy Susanti. Firman Abdul Kholik menjadi penentu langkah tim putra Indonesia ke final. 

Bermain di Stadium Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, Sabtu (10/2/2018), Firman ditantang Lee Dong-keun. Kemenangan Fiman atas Lee lewat rubber game dengan skor 22-20, 11-21, 22-20, dalam waktu 1 jam 24 menit membuat Indonesia unggul 3-2 atas Korea Selatan dan berhak melaju ke partai final.

Susy Susanti, yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, terpukau dengan perjuangan gigih Firman. Apalafi, Firman mampu bangkit dari ketertinggalan untuk mempersembahkan poin penentu bagi tim putra Indonesia.

“Para pemain tampil luar biasa, terutama Firman yang bisa membalikkan keadaan dan mampu keluar dari saat-saat kritis. Firman bisa main lepas, nekat dan berusaha terus," kata Susy Susanti dikutip BolaSport.com dari Badminton Indonesia.



Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Firman Abdul Kholik, saat bertanding melawan wakil tuan rumah, Suppanyu Avihingsanon, pada laga babak kesatu turnamen Thailand Masters di Nimibutur Stadium, Bangkok, Selasa (7/2/2017). Firman menang rubber game, 21-13, 19-21, 23-21.Dok. Badminton Indonesia Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Firman Abdul Kholik, saat bertanding melawan wakil tuan rumah, Suppanyu Avihingsanon, pada laga babak kesatu turnamen Thailand Masters di Nimibutur Stadium, Bangkok, Selasa (7/2/2017). Firman menang rubber game, 21-13, 19-21, 23-21.

"Terbukti meskipun dalam keadaan terpojok, kesempatan sekecil apa pun jika bisa dimanfaatkan dengan baik, maka apa saja bisa terjadi,” tutur Susi melanjutkan.

(Baca Juga: Kejuaraan Beregu Asia 2018 - Bosan Jadi Runner-up Terus, Hendra Setiawan Tak Sabar Bawa Piala Thomas ke Indonesia Tahun Ini)

Pada pertandingan kelima melawan Lee Dong-keun (Korea Selatan), Firman Abdul Kholik sempat tertinggal 14-20 pada gim ketiga. Padahal dirinya menjadi harapan terakhir tim Indonesia yang tersusul karena menelan dua kekalahan beruntun.

Berada dalam posisi kritis, Firman justru mampu tampil tenang untuk membalikkan keadaan demi membawa Indonesia ke babak final. Delapan poin beruntun ditambah fault yang dibuat Lee pada poin terakhir memastikan kemenangan Firman dengan skor akhir 22-20, 11-21, 22-20.

Indonesia pun menang 3-2 atas tim Korea Selatan pada laga yang digelar di Stadium Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, 

"Ini pengalaman berharga untuk Firman, dia baru diturunkan sekali, langsung mengemban tanggung jawab yang besar dan dia bisa menjalankan tugasnya meraih kemenangan untuk Indonesia,” ujar Susy Susanti.

Tim putra Indonesia akan bertemu dengan China pada partai final Kejuaraan Beregu Asia 2018 yang berlangsung pada Minggu (11/2/2017) pukul 17.00 WIB. (Ardhianto Wahyu) 


 

Komentar

Close Ads X