Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Hadapi Korea di Semifinal

Kompas.com - 09/02/2018, 20:58 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

ALOR SETAR, Kompas.com — Tim putra Indonesia akan menghadapi tim Korea Selatan di babak semifinal Badminton Asia Team Championships 2018 seusai menaklukkan Jepang dengan skor 3-0.

Tim putra menyusul tim putri yang sebelumnya sudah memastikan diri lolos ke semifinal dengan mengalahkan India 3-0.

Kemenangan tim putra ditentukan Anthony Sinisuka Ginting yang menaklukkan Kazumasa Sakai dengan skor 21-23, 21-14, 21-17. “Puji Tuhan saya senang bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik dan menyumbangkan angka untuk tim Indonesia. Sebetulnya dari gim pertama saya dan lawan sudah sama-sama memegang permainan, tapi saya kecolongan di poin kritis. Mungkin ada rasa buru-buru mau dapat poin,” kata Anthony kepada Badmintonindonesia.org.

Ini adalah kemenangan ketiga Anthony atas Sakai dari tiga pertemuan. Dalam pertemuan terakhir di Indonesia Masters 2018, Anthony menang mudah dengan skor 21-13, 21-12.

“Tadi pelatih bukan instruksikan soal teknik, katanya coba saya main saja seperti di Indonesia Masters, anggap saja saya main di Istora, jadi tadi saya bayangkan saja tanding di Istora,” kata Anthony.

Dalam dua pertandingan terakhir di Badminton Asia Team Championships 2018, penampilan Anthony memang belum maksimal. Kemenangan di Indonesia Masters 2018 membuat para pencinta bulu tangkis berharap banyak padanya.

“Dari kemarin memang mainnya kurang enak karena saya kurang bisa adaptasi dengan shuttlecock yang lambat. Kalau di Indonesia Masters, shuttlecock naik, 80 persen bisa saya matikan,” ujar Anthony.

“Dalam kondisi seperti ini, cara mainnya harus diganti lagi. Kalau shuttlecock kencang, kan, tidak mungkin reli, kalau shuttlecock lambat tidak mungkin bisa langsung menyerang, jadi harus lebih sabar dulu mengolah bola,” kata Anthony.

Dituturkan Anthony, dirinya tak terlalu merasakan beban pada pertandingan beregu. Dalam laga melawan Jepang, meskipun ia diharapkan menjadi penentu, kemenangan di dua partai pertama cukup membuatnya tenang dan justru lawanlah yang harusnya terbebani karena sedang tertinggal.

Tim Korea Selatan lolos ke semifinal setelah menyingkirkan  tim Thailand dengan 3-1, Sementara di semifinal lainnya, akan berhadapan tim China dengan Malaysia.  China di babak perempat final mengalahkan India 3-1, sementara Malaysia unggul atas Hong Kong 3-0.
 
Indonesia melawan Jepang (3-0) :
Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto 21-11, 20-22, 21-13
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-17, 21-15
Anthony Sinisuka Ginting vs Kazumasa Sakai 21-23, 21-14, 21-17
Hendra Setiawan/Rian Agung Saputro vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe tidak dimainkan
Ihsan Maulana Mustofa vs Kento Momota tidak dimainkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com