Angga/Rian Kehilangan Kepercayaan Diri

Kompas.com - 02/02/2018, 21:30 WIB
 Angga Pratama/Rian Agung Saputro badmintonindonesia Angga Pratama/Rian Agung Saputro
EditorTjahjo Sasongko

NEW DELHI, Kompas.com - Angga Pratama/ Rian Agung Saputro tak berhasil mengamankan tempat di semifinal ganda putra di India Open 2018 usai menyerah dari pasangan Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong, dengan skor 19-21, 19-21.

Pasangan unggulan ketujuh ini sebetulnya seringkali mengungguli Han/Zhou, baik di gim pertama maupun gim kedua. Namun di saat-saat terakhir, Angga/Rian justru banyak melakukan kesalahan sendiri.

“Angga/Rian bukan kalah sama lawan, tetapi kalah sama diri mereka sendiri. Sudah unggul 18-15, mereka seperti tidak percaya diri. Banyak pengembalian yang mengambang, menyangkut dan mati sendiri, padahal posisinya sedang memimpin,” ujar Aryono setelah pertandingan.

“Yang paling krusial mesti diperbaiki dari mereka adalah rasa yakin, percaya diri dan fighting spirit nya,” tambah Aryono.

Angga/Rian baru saja dipasangkan kembali setelah kurang lebih empat tahun berpisah. Keduanya baru menjalani latihan bersama selama satu minggu jelang keberangkatan ke India.

Namun disebutkan Aryono, hal ini tidak bisa dijadikan alasan.  “Soal klop atau belum klop, kalau di ganda putra itu kan sering latihan bersama, ganti-ganti pasangan. Jadi ini bukan alasan, keyakinan mereka yang masih kurang,” kata Aryono.

“Solusi dan jawabannya ada di diri mereka sendiri. Keberanian itu datang dari hati mereka sendiri, bukan dari orang lain,” pungkas Aryono.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X