Malaysia Jadi Ancaman Permalukan Tuan Rumah di Asian Games - Kompas.com

Malaysia Jadi Ancaman Permalukan Tuan Rumah di Asian Games

Kompas.com - 10/01/2018, 09:34 WIB
Pandelela Rinong Pandelela Rinong

PETALING JAYA, Kompas.com - Malaysia mengirim sinyal untuk tampil lebih baik daripada tuan rumah Indonesia dengan mengirim kontingen terbesar pada  pesta olahraga Asia (Asian Games) ke 18 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

Menurut ketua dewan olimpik Malaysia (OCM), Tunku Tan Sri Imran Tuanku Jaafar, Malaysia akan mengirim setidaknya 551 atlet (312 putera dan 239 puteri) ke Indonesia. "Malaysia akan ikut serta dalam 37  dari 40 cabang yang ada. Jumlah atlet kemungkinan akan bertambah karena tenggat waktu pendaftaran masih bulan April," kata Tuanku Jaafar.

"Beberapa cabang akan masuk kategori B. Kami akan mengganti biaya yang mereka keluarkan, apabila mereka bisa mempersembahkan medali,"lanjut Jaafar, Selasa (09/01/2018).

Pada Asian Games 2014 lalu, Malaysia mengirimkan 277 atlet dalam 28 cabang. "Saya kira sekarang ini kontingen terbesar yang kami kirim," ungkap Jaafar. "Saya senang para atlet, terutama pada cabang tambahan memperlihatkan peningkatan dibandingkan para atlet cabang utama seperti atletik dan renang."

Malaysia berharap dapat mendulang medali melalui beberapa cabang andalan seperti  squash, loncat indah, bulu tangkis dan  sepeda nomor lintasan.

Pada Asian Games di Incheon 2014, Malaysia menempati peringkat 14 dengan mengumpulkan 5 emas, 14 perak dan 14 perunggu. Mereka berada di atas Singapura di posisi 15 dengan 5 emas, 6 perak dan 14 perunggu dan Indonesia di posisi 17 dengan 4 emas, 5 perak dan 11 perunggu.


EditorTjahjo Sasongko
Komentar

Close Ads X