LeBron Tuduh Rasisme dalam Iklan Pakaian - Kompas.com

LeBron Tuduh Rasisme dalam Iklan Pakaian

Kompas.com - 09/01/2018, 20:52 WIB
Megabintang NBA LeBron JamesDavid Liam Kyle / NBAE / Getty Images / AFP Megabintang NBA LeBron James

STOCKHOLM, Kompas.com - Superstar NBA, LeBron James menuduh  produsen pakaian H&M telah menayangkan iklan berbau rasisme dengan menggunakan model seorang anak berkulit hitam.

Iklan ini menggambarkan seorang anak kulit hitam mengenakan baju hangat berwarna hijau dengan tulisan,"Coolest monkey in the jungle," (monyet paling keren di hutan). Bintang Cleveland Cavaliers tersebut menuntut  perusahaan pakaian Swedia tersebut untuk menarik iklan dan meminta maaf.

"@hm anda mengecewakan kami dan kami tidak terima!" tulis James melalui akun Instagram. Ia juga mengunggah gambar iklan yang dimaksud namun menutupi tulisan dan juga memasangkan mahkota di atas kepala si anak.

Iklan yang diprotes LeBron James Iklan yang diprotes LeBron James

"Cukup buat kalian semua dan saat saya melihat gambar tersebut, saya melihat seorang Raja Muda usia! Penguasa dunia, kekuatan yang sulit dilawan," kata James lagi.

"Sebagai kaum Afrika Amerika, saya akan selalu berusaha memebus bata-batas. Membuktikan pandangan salah dari orang-orang."

Ini merupakan kasus kesekian yang menimpa sebuah perusahaan pakaian. Oktober tahun lalu, perusahaan kosmetik kulit Dove  meminta maaf  karena dituduh bertindak rasial  dengan menampilkan iklan  yang memperlihatkan seorang wanita kulit hitam  berubah menjadi wanita kulit putih.

Kemudian pada 2014, produsen baju asal Spanyol, Zara pada 2014 menarik produksi baju piyama dengan lambang bintang kuning karena dituduh dikaitkan dengan baju yang digunakan tahanan Yahudi di pusat konsentrasi Nazi Jerman pada masa Perang Dunia II.


EditorTjahjo Sasongko
Komentar

Close Ads X