Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Bola Basket 2023

Kompas.com - 10/12/2017, 08:13 WIB
Presiden SEABA Erick Thohir berpose setelah memastikan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/12/2017). Dok. InasgocPresiden SEABA Erick Thohir berpose setelah memastikan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/12/2017).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com — Indonesia bersama Filipina dan Jepang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA 2023.

Kepastian ini didapat setelah memenangi putaran final pemilihan calon tuan rumah piala dunia FIBA 2023 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/12/2017).

Indonesia mengalahkan pesaing lainnya, Argentina dan Uruguay, yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama.

Ini merupakan kali pertama tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA dilaksanakan di lebih dari satu negara.

Sebelumnya, kejuaraan benua Piala Dunia Bola Basket FIBA digelar pada 2014 di Spanyol dan pada 2019 akan di gelar di China.

Sekjen FIBA Patrick Baumann menyatakan bahwa terpilihnya Indonesia, Filipina, dan Jepang karena memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri.

Selain itu, jumlah penduduk ketiga negara ini yang lebih dari 500 juta jiwa dan mayoritas berusia muda juga menjadi daya tarik tersendiri.

"Kami telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah. Indonesia bersama Filipina dan Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," ujar Baumann.

(Baca Juga: Inasgoc Gelar Pelatihan Bagi Relawan Asian Games Bidang Relasi Internasional)

Dalam presentasi final, Jumat (8/12/2017), dijelaskan tiga prinsip yang diunggulkan dalam menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, yakni kesederhanaan dalam desain turnamen untuk memastikan fokus atlet dan olahraganya.

Hanya lima tempat di tiga kota kompetisi yang berada dekat dengan akomodasi, media, medis, dan layanan penting lainnya.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X